Sukses

Sederet Hoaks Kesehatan yang Tidak Masuk Akal

Berikut kabar hoaks tentang kesehatan yang sempat viral di media sosial

Liputan6.com, Jakarta- Menurut survei Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2017, banyak masyarakat Indonesia kurang memahami konten kesehatan sehingga tanpa memastikan kebenarannya langsung informasi tersebut langsung disebar. Berikut kabar hoaks tentang kesehatan yang sempat viral di media sosial telah dirangkum Cek Fakta Liputan6.com.

1. Klaim Meminum Air Dapat Memicu Penyakit Jantung

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Tips Kesehatan, pada Sabtu, 22 Juni yang telah 19 ribu kali dibagikan dan dikomentari lebih dari 1.000 komentar.

Faktanya, meminum air dingin dapat memicu penyakit jantung tidak benar.

Dilansir berbagai sumber, dokter Yoga Yuniadi, Sp.JP dari RS Pusat Jantung Nasaional Harapan Kita mengatakan sukku air tidak ada hubungannya dengan gagalnya kerja jantung.

2. Klaim Tiga Waktu Dilarang Mandi

Klaim tiga waktu dilarang mandi diunggah akun Facebook Sri Dewi pada 9 Maret 2019.

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim tentang tiga waktu yang dilarang untuk mandi adalah tiadk benar atau hoaks.

3. Klaim  Makan Durian dan Minum Soda Berakibat Fatal

Kabar mengonsumsi durian dan meminum soda berdampak fatal untuk kesehatan tubuh beredar di media sosial yang dibagikan akun Facebook Peristiwa Now, pada 14 Mei 2020.

Konten yang disebarkan Peristiwa Now telah 20 ribu kali dibagikan dan mendapat 318 komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar mengonsumsi durian dan meminum soda bersamaan berbahaya bagi kesehatan tubuh tidak benar.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof. Dr.Ir Hardinsyah menyebut tidak ada penelitian yang mendukung.

4. Klaim Makan Buah Saat Perut Kosong Bisa Sembuhkan Kanker

Beredar di media sosial jika memakan buah dengan kondisi perut kosong bisa menyembuhkan kanker yang diunggah oleh akun Facebook Mak Minten Minten Tok, pada 8 Oktober 2019.

Konten yang dibagikan mendapat respon dari waarga Facebook yaitu 67 kali dibagikan dan 1 komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, mengonsumsi buah saat pertu kosong tidak dapat menyembuhkan kanker, tetapi makan buah saat perut kosong lebih menyehatkan karena memberikan energi dan menurunkana berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.