Sukses

Cek Fakta: Klarifikasi Pertamina soal Isi Gas Elpiji 3 kg yang Hilang

Klaim tentang isi gas elpiji 3 kg yang hilang sebanyak 1,2 kg, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang isi gas elpiji 3 kg yang hilang sebanyak 1,2 kg beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Alfian Triasmoro pada 12 Agustus 2020. Akun Facebook Alfian Triasmoro mengunggah foto yang membandingkan berat tabung gas elpiji 3 kg.

Pada foto pertama berat tabung gas elpiji mencapai 4,933 kg sedangkan foto kedua beratnya 6,790 kg. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan hilangnya isi tabung gas elpiji sebesar 1,2 kg.

"Ini perbandingan antara hasil timbangan tabung gas 3kg kosong dan tabung gas 3kg yg baru dibeli masih utuh isinya. Selisihnya mencapai 1,2 kg yg hilang, berarti isi gas tabung 3kg hanya 1,8kg yang seharusnya 3kg. Ini dari satu tabung gas 3kg, coba bayangkan klo ini terjadi d setiap tabung, berapa yg hilang, berapa kerugian konsumen (Rakyat) dan berapa uang negara (Subsidi) yg dikorupsi oleh oknum. Belum lagi harga sampai ke konsumen (masyarakat) Rp. 24.000,-/Tabung. Apa hal seperti ini mau terus dibiarkan? Silahkan para APH (Aparat Penegak Hukum), Instansi terkait dan Komisi B DPRD kab. Ciamis untuk menindak lanjutinya. Jangan biarkan rakyat di rugikan dan uang negara dirampok. Kalian jangan diam saja, ayo bergerak," tulis akun Facebook Alfian Triasmoro.

Konten yang disebarkan akun Facebook Alfian Triasmoro telah 7.700 kali dibagikan dan mendapat 1.100 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang isi gas 3 kg yang hilang sebanyak 1,2 kg. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Unit Manager Communication Relations Marketing Operation Region (MOR III) PT Pertamina (Persero), Eko Kristiawan. Eko mengatakan bahwa tabung gas 3 kg mempunyai berat total hingga 8 kg

"3 kg itu berat isinya (gas) saja," kata Eko kepada Liputan6.com, Rabu (26/8/2020).

Menurut Eko, jika tabung gas kosong, beratnya sekira 5 kg. Namun jika diisi penuh dengan gas, beratnya mencapai 7 kg hingga 8 kg.

"Jadi enggak selalu tiap tabung beratnya 7.85 kg. Bisa 7.90 kg dan bisa juga 8.00 kg," ucap Eko.

Eko mengaku, pihaknya akan menelusuri lebih lanjut mengenai adanya informasi isi gas 3 kg yang hilang sebanyak 1,2 kg.

"Kami akan telusuri lebih lanjut," tambah Eko.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang isi gas 3 kg yang hilang sebanyak 1,2 kg ternyata belum terbukti dan belum tentu benar. PT Pertamina (Persero) masih menelusuri adanya informasi isi gas 3 kg yang hilang sebanyak 1,2 kg.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.