Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Ustaz Yusuf Mansur Meninggal Dunia pada 25 Agustus 2020

Beredar kabar hoaks Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia pada 25 Agustus 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pendakwah Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan situs berburuhartikel.blogspot.com dengan judul artikel "INNALILLAHI; Kabar Duka Dari Ustaz Yusuf, Semoga Husnul Hotima" yang ditayangkan pada Selasa 25 Agustus 2020.

Ustaz Yusuf Mansur sebelumnya dikabarkan masuk rumah sakit pada Sabtu 22 Agustus 2020. Dalam gambar yang diunggah di akun Instagramnyna, Ustaz Yusuf Mansur yang juga pendiri Pesantren Darul Quran ini terbaring di ranjang rumah sakit dengan mengenakan pakaian hijau.

Kepalanya pun ditutup dengan plastik dengan warna yang sama. Sementara di lengan kirinya terdapat gelang berwarna biru. Gelang tersebut biasa dipakai untuk pasien rumah sakit.

Benarkah kabar Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia pada 25 Agustus 2020? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia yang viral pada 25 Agustus 2020. Penelusuran dilakukan dengan melihat Instagram milik Ustaz Yusuf Mansur, @yusufmansurnew.

Akun Instagram @yusufmansurnew mengunggah sebuah video pada Selasa 25 Agustus 2020. Ustaz Yusuf Mansur menyampaikan bahwa dirinya masih sehat.

"Alhamdulillah masih hidup," kata Ustaz Yusuf dalam video tersebut.

Gambar Tangkapan Layar Video dari akun Instagram @yusufmansurnew

Ustaz Yusuf Mansur pada Rabu 26 Agustus 2020 juga terlihat masih mengunggah sebuah video di akun Instagranya. Dalam video tersebut, tampak Ustaz Yusuf Mansur ditemani seorang kerabatnya dan tengah memanjatkan doa.

"Alhamdulillah dpet doa dari guru saya @ahmadhelmyfaishalzaini . . . Meet Dzuhur ya...," tulis akun Instagram @yusufmansurnew.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang pendakwah Ustaz Yusuf Mansur meninggal dunia pada 25 Agustus 2020 ternyata tidak benar alias hoaks. Meskipun sempat dirawat di rumah sakit beberapa waktu lalu, kini Ustaz Yusuf Mansur tampak sudah kembali sehat.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.