Sukses

6 Informasi Hoaks Seputar HUT RI Ke- 75

Berikut enam informasi hoaks terkait HUT RI Ke- 75 hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Sederet kabar hoaks ikut menyambut hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke- 75 RI, Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran informasi tidak benar yang dapat menyesatkan penerimanya.

Berikut enam informasi hoaks terkait HUT RI Ke- 75 hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

1. Klaim Lambang Salib Pada Desain Logo HUT Ke- 75 RI

Hasil penelusuran Cek Fakta Klaim yang menyebut terdapat logo HUT ke 75 RI adalah salah. Kementerian Pertahanan (Menhan) melalui website secara resmi menjelaskan grafis yang dinilai membentuk salip merupakan gabungan dari pecahan supergraphic terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 76 tahun dan mempresentasikan nilai luhur Pancasila.

2. Klaim Uang Rp 75.000 Hanya Merchandise HUT Ke-75 RI

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim uang baru pecahan Rp 75.000 hanya merchandise tidak benar, uang yang dikeluarkan bertepatan HUT RI ke-75 yaitu 75 ribu berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

3. Klaim Suku Adat China di Uang Rupiah Baru Rp 75.000

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim di mata uang baru terdapat suku adat China tidak benar, anak laki-laki diposisi tengah pada uang 75 ribu mewakili suku Tidung, Kalimantan Utara.

4. Klaim Foto RSCM Pasang Bendera Polandia

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi yang menyebut RSCM memasang bendera Polandia adalah salah.

Foto itu memang terjadi, tapi di tahun 2015. Bendera itu terpasang terbalik karena seorang petugas RSCM mengantuk setelah bertugas di malam hari.

5. Klaim Foto Bulan dan Bintang sebagai Logo HUT RI Ke-75

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto bulan dan bintang logo HUT Kemerdekaan RI ke 75 tidak benar, logo tersebut bukan logo resmi yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara.

6. Klaim Ada Anak Pakai Budaya Syahri di Uang Baru Pecahan Rp 75.000

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.co, klaim kalau ada budaya syahri di uang baru RI adalah hoaks. Faktanya, anak yang dilingkari oleh Radith menggunakan pakaian adat Melayu Riau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.