Sukses

Cek Fakta: Foto Bulan dan Bintang Ini Bukan Logo Resmi HUT RI Ke-75

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapat foto bulan dan bintang yang diklaim sebagai logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75, foto tersebut diunggah akun Facebook Fadlan Akbar, pada 13 Agustus 2020.

Akun tersebut mengunggah foto yang didalamnya terdapat tulisan 75 Indonesia maju tulisan tersebut sejajar dengan logo bintang dan bulan pada sisi kanannya.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Yuk viralkan seluas luasnya lambang kemerdekaan Indonesia ke 75 ini ya?

Ini mewakili persaan ummat Islam sebagai penduduk mayoritas dan harapan para syuhada pejuang kemerdekaan NKRI yg sebahagian besarnya adalah tokoh ulama,kiyai, guru mengaji dan kaum santri."

Benarkah foto bulan dan bintang tersebut logo HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kliam foto bulan dan bintang logo HUT Kemerdekaan RI ke- 75 menggunakan Google Search dengan kata kunci 'logo HUT Kemerdekaan RI ke 75'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Kemensetneg Rilis Tema dan Logo HUT ke-75 RI, Ini Bentuknya" yang dimuat situs merdeka.com, pada 21 Januari 2020.

Artikel tersebut memuat logo HUT RI ke 75 sebagai berikut:

kliam foto HUT Kemerdekaan RI ke 75

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Cara dan Link Download Logo HUT ke-75 RI Indonesia Maju"  yang dimuat situs tirto.id, pada 12 Agustus 2020.

Situs tersebut memuat logo HUT RI ke- 75 yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara.

Berikut logo tersebut:

kliam foto HUT Kemerdekaan RI ke 75

 

Artikel tirto.id menyebutkan Logo HUT Ke-75 RI berupa perisai dengan angka 75 terinsipirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan, dan kesatuan Indonesia.

Logo Kemerdekaan RI 75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Arti Logo HUT Ke-75 RI: Bangga Buatan Indonesia Tema Besar Indonesia Maju disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia” sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara pada produk dalam negeri.

Logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan.

Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.

Bangga Buatan Indonesia menggunakan warna merah dan putih sebagai warna utama untuk menunjukkan perasaan bangga membeli produk lokal dan untuk menunjukkan kebersamaan dalam kesatuan.

Supergraphic ini terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila. Untuk pengaplikasian supergraphic ini cukup fleksibel karena bersifat abstrak yang merupakan rakitan dari 10 pecahan tadi menjadi satu kesatuan bentuk.

Menurut Kementerian Sekretariat Negara pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2020. Berdasarkan surat edaran tersebut istilah penyempurnaan merujuk pada penambahan logo Bangga Buatan lndonesia, untuk digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kliam foto bulan dan bintang logo HUT Kemerdekaan RI ke 75 tidak benar, logo tersebut bukan logo resmi yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.