Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Ratusan Mobil Gosong Akibat Ledakan Dahsyat di Lebanon

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto yang menggambarkan ratusan mobol gosong akibat ledakan di Beirut, Lebanon, 4 Agustus 2020. Ada dua akun Facebook yang mengunggah foto serupa, yakni Abdurrahman Allhasby dan Nasehat Islami dan Motivasi.

Bila ditotal, dari kedua akun Facebook tersebut, foto yang menggambarkan ratusan mobil gosong akibat ledakan di Lebanon, sudah dibagikan lebih dari 70 kali di media sosial.

Begini narasi yang dibuat oleh Nasehat Islami dan Motivasi sebagai keterangan foto mobil gosong akibat ledakan di Lebanon:

"Bismillah:

Hakikat Harta Dunia yg diperebutkan.

Ribuan mobil impor baru masih terparkir rapi di Pelabuhan Beirut, belum dikendarai,hanya dalam waktu singkat, kini laksana barang rongsokan yg tidak bisa dimanfaatkan lagi, diberikan gratis pun seseoran masih berfikir keras untuk menerimanya.

Begitulah hakikat kenikmatan Dunia, sementara dan cepat sirna.

#Ustadz Fadlan akbar hafidzahullah"

Benarkah foto ratusan mobil gosong akibat ledakan di Beirut, Lebanon?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim memasukkan foto tersebut ke mesin pencari, Google Images. Hasilnya, tim menemukan banyak foto yang serupa.

 

Sayangnya, foto tersebut tidak terjadi di Beirut, Lebanon. Seperti dikutip dari situs News24, kejadian itu terjadi di Pelabuhan Tianjin, China pada 13 Agustus 2015.

Disebutkan dalam artikel News24 dengan judul: 'Tianjin Blast: Watch as it happens, 50 killed', terjadi ledakan besar di gudang bahan kimia yang menewaskan 50 orang. Bangunan yang berada di sekitar gudang kimia tersebut terkena efek dari ledakan tersebut.

Nah, foto yang diunggah oleh akun Abdurrahman Allhasby dan Nasehat Islami dan Motivasi adalah mobil gosong di tempat parkir yang berada di dekat ledakan Tianjian, China.

Tim Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan foto itu di situs BBC di dalam artikel berjudul: 'Tianjin blast: Images reveal extent of devastation. Artikel itu tayang pada 13 Agustus 2015.

BBC menyebutkan bahwa foto mobil gosong itu bersumber dari Associated Press (AP). Sementara AP pun memberikan keterangan foto untuk mobil gosong seperti narasi di bawah ini:

"Asap mengepul dari lokasi ledakan sebuah gudang di Kota Tianjin, timur laut Cina, Kamis, 13 Agustus 2015. Ledakan itu membuat tempat parkir yang dipenuhi dengan mobil baru tersebut menjadi hangus. Ledakan besar di bagian gudang memunculkan bola api besar yang mengubah langit malam menjadi seperti siang hari, kata pejabat dan saksi mata. (Foto AP/Ng Han Guan)"

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto ratusan mobil gosong akibat ledakan di Beirut, Lebanon yang ramai dibicarakan di Facebook adalah altered. Alered adalah jenis hoaks yang menggunakan foto, audio, video yang diedit, yang bertujuan mengelabui orang, sengaja dipotong dan disajikan di luar konteks (out-of-context).

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.