Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Sirkuit Mandalika Siap Digunakan Tahun 2021

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto di Facebook terkait Sirkuit Mandalika yang sedang dibangun di NTB untuk penyelenggaraan MotoGP. Foto-foto tersebut banyak dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang membagikannya adalah Dadho-Rendy. Dia mempostingnya pada 29 Juli 2020.

Postingan tersebut telah mendapat satu komentar dan dua kali dibagikan. Berikut narasi yang disertakan dalam foto yang diunggah akun tersebut:

"Insya Allah 2021 Sirkuit Mandalika NTB sudah Bisa Di Gunakan....Bikin Para Pembalap Motto GP seakan Balapan Di Jalan Raya KEREN"

Benarkah foto di postingan tersebut merupakan Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan MotoGP?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunggah foto yang beredar di Facebook tersebut di Google Images. Hasilnya, foto tersebut pernah diunggah oleh beberapa website lain seperti viva.co.id dengan judul "Indonesia Bikin Sirkuit Mandalika, Malaysia Lakukan Terobosan" yang tayang pada 9 April 2019.

Dalam narasi foto disebutkan bahwa itu merupakan gambar dari Sirkuit Sepang di Malaysia. Artikel lain yang juga menggunakan foto yang sama adalah dari Jogja.tribunnews.com dengan judul "Jadwal Lengkap MotoGP Malaysia dan Karakteristik Sirkuit Sepang" yang tayang 1 November 2018.

Cek Fakta Liputan6.com juga mencari foto Sirkuit Sepang di situs MotoGP.com, hasilnya seperti di link berikut ini....

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga mencari di mesin pencarian Google dengan kata kunci "desain Sirkuit Mandalika" dan hasilnya ada beberapa artikel terkait.

Seperti dari Detik.com dengan judul "Ini Desain Sirkuit MotoGP Mandalika" yang tayang 3 Januari 2020.

Cek Fakta MotoGP1

Cek Fakta Liputan6.com juga mencari artikel terkait persiapan Sirkuit Mandalika menyambut MotoGP dengan mengetik kata kunci "Sirkuit Mandalika Terkini."

Hasilnya ditemukan artikel dari Liputan6.com dengan judul "Kabar Terbaru Sirkuit untuk MotoGP Mandalika, Mulai Proses Pengaspalan" yang tayang 29 Juli 2020.

Isinya sebagai berikut:

"Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus memberikan kabar terbaru soal sirkuit Mandalika yang akan dipakai untuk MotoGP Indonesia yang rencananya digelar pada 2021 nanti. Saat ini, pembangunan sirkuit sudah 50 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Moh Faozal, mengatakan proses pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika masih terus berjalan. Dia mensinyalir sirkuit sudah bisa diuji coba pada bulan April 2021.

"Insya Allah, uji coba lintasan sudah bisa dilakukan April 2021," ujarnya seperti dikutip antara.

Ia mengakui hingga saat ini progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika sudah mencapai 50 persen. Bahkan, pada bulan Agustus 2020, sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 kilometer dan 17 tikungan tersebut sudah masuk dalam tahap pengaspalan.

"Jadi semua berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan," katanya.

Rencana uji coba lintasan pada April 2021 sekaligus menepis rumor soal sirkuit MotoGP Mandalika. Kabar menyebutkan pembangunakan sirkuit terkendala karena Covid-19.

Sirkuit Mandalika sangat penting untuk NTB karena bakal mendatangkan wisatawan untuk berkunjung.

"Saya kira tidak ada penundaan pembangunan sirkuit, apalagi penyelenggaraan MotoGP sudah terikat antara penyelenggara MotoGP dengan pemerintah. Jadi tandatangan ini bukan lagi antar daerah NTB tapi sudah negara melalui presiden," katanya.

Karena itu, meski pandemi COVID-19 merebak, Faozal menyatakan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika terus berjalan. Dia mengatakan, tidak ada masalah dengan pembangunannya.

"Saya kira semua negara mengalami Covid-19, tetapi apakah aktivitas itu terhenti tentu juga tidak. Karena, semua juga berjalan dengan menerapkan SOP COVID-19. Contoh main bola saja sudah bisa dilaksanakan tetapi tetap jalan dengan mengedepankan protokol COVID-19, sehingga kenapa tidak dengan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika," katanya.

Sebelumnya, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah tetap berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

"Masih on the right track," ujarnya.

Menurutnya, Kementerian PUPR sendiri memberikan perhatian khusus kepada NTB, karena provinsi itu akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Mulai dari pembangunan jalan yang akan dibangun dari bandara menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada bulan Juli.

"Kami optimistis pembangunan sirkuit tetap berjalan sesuai rencana walau ada masalah lahan," katanya."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan:

Foto yang beredar di Facebook yang menyebut sebagai Sirkuit Mandalika NTB adalah salah.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.