Sukses

Kumpulan Video Hoaks Selama Sepekan

Simak beberapa video hoaks yang berhasil ditelusuri dan dibantah Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kabar hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Dari beberapa kabar hoaks itu beredar lewat video.

Satu di antaranya video tentang Thermo Gun yang dianggap berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Video ini paling menyedot perhatian. Video yang diunggah Channel YouTube Mayor Saleh Nasionalis Karaeng Sila berisi rekaman wawancara Helmy Yahya dengan ekonom Ichsanuddin Noorsy.

Dalam wawancara tersebut, Helmy Yahya berbicara mengenai penggunaan thermo gun di berbagai tempat saat pandem Covid-19 saat ini.

Ichsanuddin Noorsy kemudian menanggapi pernyataan Helmy itu. "Kalau saya nolak. Kalau mau periksa (suhu tubuh) saya, periksa di sini (telapak tangan). Karena termometer itu dipakai untuk memeriksa kabel panas, bukan untuk temperatur manusia," timpal Ichsanuddin Noorsy.

"Kita tidak tahu dampak kerusakan pada struktur otak. Saya enggak mau," sambung dia.

Namun, setelah ditelusuri klaim tentang radiasi laser termometer tembak atau thermo gun berbahaya bagi tubuh manusia ternyata tidak benar. Spesialis Penyakit Dalam, dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH mengatakan, termometer inframerah yang biasa digunakan untuk mengecek suhu badan aman digunakan. Termometer tersebut, kata dia, sudah lolos uji kesehatan.

"Produk itu sudah lolos uji kesehatan, jadi sudah diperhitungkan bahwa alat itu aman," kata dr Ari kepada Liputan6.com, Senin (20/7/2020).

Dokter Ari menambahkan, penggunaan termometer inframerah juga tidak berdampak pada sistem saraf dan retina manusia.

"Termometer inframerah tidak memancarkan radiasi seperti sinar-X dan karena itu tidak mempengaruhi sistem saraf termasuk juga tidak merusak retina," ucap Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu.

Selain video mengenai klaim bahaya thermo gun bagi kesehatan, ada beberapa video lainnya yang menyedot perhatian. Berikut rangkumannya:

 

Saksikan Video Pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Video yang Diklaim Mi Instan Keluar dari Usus Pasien Saat Operasi

Sebuah video yang diklaim sebagai upaya pengangkatan mi instan dari dalam usus seorang pasien beredar di media sosial. Video ini disebarkan oleh akun Facebook Wajah Informasi pada 27 Juni 2020.

Akun Facebook Wajah Informasi mengklaim video itu merupakan proses pengangkatan mi instan dari perut seorang pasien yang tengah dioperasi.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim sebagai upaya pengangkatan mi instan dari dalam usus seorang pasien ternyata tidak benar. Video yang diunggah akun Facebook Wajah Informasi merupakan proses operasi pengangkatan cacing parasit dari usus seorang pasien.

 

3 dari 5 halaman

Video yang Diklaim Penampakan UFO dari Balik Awan

Video yang diklaim sebagai penampakan UFO beredar di media sosial. Video ini diunggah akun Facebook Wiryono Sudianto pada Rabu 22 Juli 2020.

Akun Facebook Wiryono Sudianto mengunggah empat buah video yang diklaim sebagai penampakan UFO di langit. Dalam salah satu video, tampak sebuah benda bulat bercahaya muncul dari balik awan. Peristiwa tersebut kemudian diklaim oleh akun Facebook Wiryono Sudianto sebagai penampakan UFO.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim sebagai penampakan UFO dari balik awan ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan fenomena irridescene cloud atau dikenal juga sebagai rainbow clouds.

Fenoma itu terjadi ketika sinar matahari terdifraksi dari tetesan air di atmosfer sehingga memberikan penampakan cahaya warna warni mengelilingi cahaya matahari.

 

4 dari 5 halaman

Video yang Diklaim Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Baca Alquran di Hagia Sophia

Warganet di Facebook dihebohkan dengan aktivitas Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang sedang membaca ayat suci Alquran. Video ini sudah ditonton ribuan warganet.

Akun Facebook Natural Healthy mengunggah video Erdogan membaca Alquran pada Jumat (17/7/2020). Akun tersebut menyebut Presiden Turki ini sedang membaca Alquran di Hagia Sophia.

Video tersebut menjadi sangat viral. Sebabnya, sudah mendapat like hingga 108 ribu. Tidak hanya itu, video ini sudah dibagikan warganet hingga lebih dari 30 ribu kali.

Setelah ditelusuri, video tentang Presiden Erdogan membaca Alquran di Hagia Sophia pada 15 Juli 2020 adalah fakta yang salah. Yang benar, Erdogan membaca Alquran di Masjid Bestepe Millet, yang letaknya masih berada dalam Istana Presiden Turki. Erdogan pertama kali mengunjungi Hagia Sophia setelah menjadi masjid pada Minggu, 19 Juli 2020.

 

5 dari 5 halaman

Video yang Diklaim Tentara China Mencuci Baju di Laundry Kelapa Gading

Beredar klaim seragam tentara China sedang di cuci di laundry Kelapa Gading, klaim tersebut merupakan unggahan video akun Youtube Sunaryo Lubay, pada 21 Juli 2020.

Sunaryo Lubay mengunggah video diberi judul "Baju seragam tentara China di cuci loundry di kelapa gading".

Video tersebut menampilkan seragam loreng hijau dengan atribut di bagian lengan dan dada. Salah satu baju tersebut terdapat tulisan asing di bagian dada.

Setelah ditelusuri, klaim seragam tentara China sedang di cuci di laundry Kelapa Gading tidak benar. Berdasarkan pengamatan video terdapat seragam yang berlabel tulisan berhuruf hangul atau huruf Korea.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.