Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Makhluk Misterius Muncul di Atas Langit Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Video yang memperlihatkan sesosok makhluk misterius terbang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh akun Facebook VIDEO VIRAL pada 6 Mei 2020 lalu.

Video berdurasi 3 menit 33 detik itu dikaitkan dengan kemunculan sesosok makhluk misterius di atas langit Arab Saudi.

"Lagi Viral di dunia...lihat apa yang mucul di langit saudi arabia 😱 Apa ada kaitan nya dengan DHUKAN 15 RAMADHAN 😭," tulis akun Facebook VIDEO VIRAL.

Konten yang disebarkan akun Facebook VIDEO VIRAL telah mendapat 359 komentar dari warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang sesosok makhluk misterius yang diklaim terbang di atas langit Arab Saudi. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Adalah artikel berjudul "ظهور المسيح الدّجال في سماء العراق – مقطع زائف" yang dimuat situs fatabyyano.net pada 8 April 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa video yang diklaim makhluk misterius tersebut juga pernah viral di negara-negara Arab. Narasinya adalah sebagai berikut: "Mendesak setelah Arab Saudi mencegah orang-orang dari haji dan umrah, antikristus muncul di langit Irak".

Namun setelah ditelusuri, ternyata video tersebut adalah hasil suntingan. Video itu dibuat oleh pemuda asal Brasil bernama, Jessen Carlos. Dia adalah seorang seniman grafis yang mengkhususkan diri dalam merancang trik dan memiliki video serupa di akun Instagramnya.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube  Jessen Carlos

Di Channel YouTube miliknya, Jessen Carlos membongkar proses editing dari video yang diklaim sebagai sosok misterius yang muncul di langit Arab Saudi.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai kemunculan sesosok makhluk misterius di langit Arab Saudi ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan hasil suntingan dari seniman grafis asal Brasil, Jessen Carlos. Narasi yang disebarkan oleh akun Facebook VIDEO VIRAL tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.