Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kemunculan Hewan Aneh di Pekanbaru, Mirip Kelelawar tapi Bisa Berenang

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang binatang aneh yang muncul di Pekanbaru beredar di media sosial. Kabar ini beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada Jumat 17 April 2020.

Dalam pesan berantai tersebut, juga terdapat foto yang diklaim binatang aneh tersebut. Binatang tersebut memiliki dua tangan dan dua kaki, terdapat juga selaput mengelilingi tubuh.

Terdapat narasi yang menjelaskan mengenai foto binatang tersebut. Berikut narasinya:

"Binatang Aneh sdh dua hari muncil di Pakan Baru. Badannya kaya Kelelawar tapi Berenang di Air. *ada yang faham, bisa menjelaskan yaa?*

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang binatang aneh yang muncul di Pekanbaru. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto binatang aneh tersebut ke situs pencari Google Image.

Hasilnya terdapat beberapa situs yang mengunggah foto serupa. Satu di antaranya yang diunggah akun Facebook Nature's Beautiful pada 15 Juli 2017 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Status Facebook Warganet

Akun Facebook Facebook Nature's Beautiful mengunggah foto serupa disertai dengan sebuah narasi. "It's a bird, it's a plane, it's...neither. It's actually the colugo, a gliding mammal with no sense of decency," tulis akun Facebook Nature's Beautiful.

Liputan6.com kemudian menemukan artikel yang menjelaskan mengenai binatang tersebut. Adalah artikel berjudul "Absurd Creature of the Week: The Adorably Creepy Gliding Mammal That’s Basically Just a Big Flap of Skin" yang ditayangkan situs wired.com pada 21 November 2014 lalu.

Gambar TangkapaN Layar Berita dari Situs Wired.com

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa binatang itu bernama Colugo. Colugo biasa ditemukan di kawasan Asia Tenggara, di antaranya Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Binatang ini memiliki sayap yang menutupi tubuhnya. Sekilas, sayap Colugo mirip kelelawar dan tubuhnya berbulu halus seperti tupai.

Colugo hidup di hutan, binatang tersebut biasa melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Sayap Cologu memudahkannya menjangkau pohon yang posisinya cukup jauh.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan memasukkan kata kunci "binatang aneh berenang" ke situs pencari YouTube. Hasilnya, terdapat beberapa akun yang mengunggah video binatang aneh berenang.

Satu di antaranya akun YouTube Channel Kelahiran 88 yang mengunggah video bertajuk "Mirip Kelelawar,Tapi Anehnya Hewan Ini Bisa Berenang". Dalam video tersebut Liputan6.com menemukan komentar salah satu warganet yang mengungkapkan jenis binatang yang dimaksud. Binatang tersebut adalah Colugo dan Sea Hare.

Liputan6.com kemudian memasukkan kata kunci "Sea Hare" ke situs berbagi video YouTube. Hasilnya terdapat beberapa video hewan sea hare, satu di antaranya video bertajul "Sea Hares Swimming" yang diunggah akun YouTube G.A.P TV pada 15 April 2020.

Gambar Tangkapan Layar Hewan Sea Hare

Dilansir dari situs wildlifetrusts.org, sea hare bisa ditemukan di air dangkal dan di kolam batu di pantai rendah. Mereka biasa memakan rumput laut.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang binatang aneh yang muncul di Pekanbaru ternyata tidak benar. Foto yang diklaim sebagai binatang aneh ternyata adalah Colugo atau lemur terbang. 

Lemur terbang hidup di hutan kawasan Asia Tenggara. Misalnya saja di Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Sementara, penelusuran terkait video tentang 'hewan mirip kelelawar yang bisa berenang' mengarah ke hewan lain yakni Sea Hare. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.