Sukses

Cek Fakta: Klarifikasi Surat Jokowi Terkait Kedatangan Paus Fransiskus

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah surat yang berisi soal rencana kedatangan Paus Fransiskus dari Vatikan ke Indonesia pada September 2020 mendatang.

Surat tersebut menggunakan kop surat logo dan tulisan Presiden Republik Indonesia. Surat itu juga ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

 

[Cek Fakta] Klarifikasi Surat Jokowi Terkait Kedatangan Paus Fransiskus.

Berikut isi lengkap tulisan dalam surat yang ditujukan untuk Paus Fransiskus:

"Jakarta, 16 Januari 2020

Yang Teramat Mulia, atas nama pemerintah dan rakyat republik Indonesia, saya menyampaikan salam hangat kepada Yang Teramat Mulia serta Pemerintah Takhta Suci Vatikan.

Saya telah menerima kabar bahwa Yang Teramat Mulia berencana untuk mengunjungi Indonesia pada bulan September tahun ini. Sehubungan dengan itu, dengan gembira saya menyampaikan kepada Bapa Suci, sebagai Pemimpin Spriritual Gereja Katholik, sebuah undangan resmi untuk menjadi tamu kami.

Saya percaya bahwa kunjungan Yang Teramat Mulia akan menjadi momentum yang sangat baik untuk mempererat persahabatan dan kerjasama demi kemaslahatan kita bersama.

Seraya menantikan untuk menyambut Yang Teramat Mulia di Indonesia, terimalah, Bapa Suci, penghargaan saya yang setinggi-tingginya.

 

Presiden Republik Indonesia

Joko Widodo"

 

2 dari 4 halaman

Klarifikasi

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari konfirmasi dan klarifikasi terkait dengan rencana kedatangan Paus Fransiskus dari Vatikan.

Menurut Plt Jubir Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah, undangan tersebut memang dikirim kepada Paus Fransiskus yang berencana akan melakukan lawatan ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

"Kita mendengar ada rencana paus melawat ke Asia tenggara, dan ada keinginan juga untuk berkunjung ke Indonesia. Berdasarkan perkembangan ini, Presiden Jokowi mengirim undangan pada Paus jika jadi melawat ke Asia tenggara juga ke Indonesia," ujar Teuku Faizasyah.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Menurut pihak Kemlu, Presiden Jokowi mengirim undangan ke Paus Fransiskus dari Vatikan untuk berkunjung ke Indonesia.

Paus Fransiskus memang berencana melakukan lawatan ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

 Data: Eka M

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Politikus PDIP Ini Sesali Jokowi Bicara Reshuffle Kabinet dengan Relawan di Bogor
Artikel Selanjutnya
Buka Cabang Baru di Tangerang, Usaha Kuliner Lokal 2 Putra Jokowi Makin Diminati