Sukses

[Cek Fakta] Pria Ini Bunuh Diri Usai Pulang dari Nikahan Mantan, Fakta Atau Hoaks?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 10 November 2019, akun facebook Zulfahmi ID mengunggah gambar tangkapan layar 'YOUTUBE.COM' yang menunjukkan foto sesosok jasad yang tergantung di pohon.

Ada juga foto seorang pria bersama perempuan yang mengenakan pakaian adat.

"Tragedi yang memilukan," demikian tulisan yang tertera di dalam gambar tersebut.

Tak ada narasi yang disertakan dalam unggahan tersebut. Namun, sejumlah pengguna Facebook menduga, itu terkait klaim seorang pria yang bunuh diri usai pulang dari pernikahan mantan. Unggahan serupa juga beredar di media sosial. 

"Itu kafir gak bolh dimakam kan di tempat makam orang Islam dan sicewek itu pun salah besar," kata salah satu pengguna Facebook.

Namun, tak semua percaya dengan unggahan tersebut. "Sepatu cwok nya beda,, gk sama,,, jd bkn cwok yg sama," kata salah satu Facebooker.

Foto senada juga diunggah akun Facebook Zularzianza Zian pada 10 November 2019.

[Cek Fakta] Pria Ini Bunuh Diri Usai Pulang dari Nikahan Mantan, Fakta Atau Hoaks? (Facebook)

 

Unggahan tersebut dibagikan 10 kali dan mendapat 59 komentar.

Benarkah kedua foto tersebut menggambarkan seorang pria yang bunuh diri usai pulang dari pernikahan mantan?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tak hanya pengguna Facebook yang curiga dan mempertanyakan perbedaan wajah dan postur dua pria dalam foto yang dipersandingkan.

Informasi tersebut juga telah dibantah Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam artikel berjudul [HOAKS] Pulang Dari Nikahan Mantan Langsung Bunuh Diri 11 November 2019.

Berikut penjelasannya:

Telah beredar sebuah postingan yang berisi video seorang laki-laki yang datang di acara pernikahan mantan pacarnya sepulang dari acara pesta pernikahan laki-laki tersebut dikabarkan bunuh diri dengan cara gantung diri di area persawahan.

Faktanya hal tersebut adalah hoaks setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut karena terdapat perbedaan jaket yang dikenakan dan sepatu yang digunakan. Kejadian pada video tersebut sebenarnya seorang pria warga Kampung Bojong Bubu RT 03 RW 03 Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung yang bunuh diri di pohon mangga di Dusun Cikalama, RT 02 RW 10, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

https://www.harapanrakyat.com/2019/11/viral-video-bunuh-diri-diisukan-di-pamarican-ciamis-ini-faktanya/

https://notif.id/2019/7170/news/pria-asal-solokanjeruk-ditemukan-tewas-gantung-diri-di-pohon-mangga/

https://www.youtube.com/watch?v=6TT9jMgvGhs&list=PL76Er9dSWhD0-tzFXmjD1HGxihUSZjV0A&index=5

Dalam artikel berjudul, Viral Video Bunuh Diri Diisukan di Pamarican Ciamis, Ini Faktanya, situs www.harapanrakyat.com menyebut, berdasarkan penelusuran kejadian bunuh diri terjadi di Sumedang, Jawa Barat. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tak ditemukan bukti bahwa sosok yang tewas adalah pria yang sama yang hadir dalam pesta pernikahan. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Depresi dan Kecemasan Bisa Menular?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Ibu dengan Puting Datar, ASI Sulit Keluar?