Sukses

[Cek Fakta] Foto Pelajar STM Bawa Bendera Indonesia Mendunia? Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis 3 Oktober 2019, situs bandung.pojoksatu.id mempublikasikan artikel berjudul, Viral Foto Pelajar STM Bawa Bendera Indonesia, Mendunia di Seluruh Koran Luar Negeri!

Berikut isi artikelnya:

POJOKBANDUNG.com – Sangat dikejutkan, foto lukisan pelajar STM pada saat membawa bendera kini viral mendunia hampir di seluruh negara.

Terlihat dalam postingan akun Facebook @Fathi Shalahuddin , ia mengunggah beberapa foto surat kabar yang berisi foto lukisan pelajar STM tersebut.

Dalam postingannya banyak netizen yang terkejut melihat hal tersebut. Gambar lukisan foto pria tampan yang masih berstatus pelajar bisa viral mendunia hingga ke berbagai negara.

Beberapa komentar netizen :

@venus : Keren anak stm, mendunia.

@Imat Surahmat : Setiap masa punya pahlawannya.

Unggahan mencapai hingga 1,8k dan di share sebanyak 10k pengguna akun sosial media facebook.

(apt/net)

Selain tulisan, situs bandung.pojoksatu.id juga menambahkan gambar tangkapan layar sejumlah pengguna media sosial, yang menunjukkan sejumlah orang memegang poster maupun korban bergambar anak STM yang membawa bendera itu.

Ini salah satunya:

[Cek Fakta] Foto Pelajar STM Bawa Bendera Indonesia, Mendunia? Ini Faktanya (Screenshot)

 Benarkah foto pelajar STM membawa bendera mendunia? 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6 menelusuri kebenaran foto dalam artikel yang diunggah situs  bandung.pojoksatu.id menggunakan Google Reverse Images. 

 

 

[Cek Fakta] Foto Pelajar STM Bawa Bendera Indonesia, Mendunia? Ini Faktanya

 

Hasilnya, mengarah ke politikus Amerika Serikat, Alexandria Ocasio-Cortez. Juga ditemukan foto serupa. Bedanya, perempuan 29 tahun tersebut memegang sebuah poster, bukan foto pelajar STM.

Akun Twitter @NoFossilFuelMoney pada 16 Agustus 2017 mengunggah foto tersebut.

.@Ocasio2018, Alexandria Ocasio-Cortez, candidate for Congress in NY-14, just signed the #NoFossilFuelMoney pledge! https://t.co/TdvVhA8Yrx pic.twitter.com/Xx54gtbylO

— No Fossil Fuel Money (@NoFossilMoney) August 15, 2017

 

Sementara, pencarian foto kedua, seorang pria memegang koran bertuliskan 'Men's Style' menggunakan Google Reverse Images mengarah pada foto serupa tapi beda. 

[Cek Fakta] Foto Pelajar STM Bawa Bendera Indonesia, Mendunia? Ini Faktanya

 

3 dari 5 halaman

Identitas Pelajar STM Pembawa Bendera

Berdasarkan artikel yang diunggah detik.com, yang berjudul, LA 'Siswa STM' yang Diviralkan Pegang Bendera Saat Demo Bukan Lagi Pelajar, sosok dalam foto tersebut terjanya bukan murid SMA, melainkan alumni. 

Berikut isi artikel tersebut: 

Jakarta - Polisi membenarkan telah menangkap LA, sosok remaja yang fotonya viral saat memegang bendera Merah-Putih dalam aksi demo 30 September 2019. Namun polisi membantah bahwa LA berstatus pelajar STM.

"Dia pada saat ditangkap bukan pelajar, tetapi dia menggunakan celana abu-abu yang digunakan oleh anak STM," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edi Suranta Sitepu saat dihubungi detikcom, Rabu (2/10/2019).

Edi kembali menegaskan bahwa LA bukan seorang pelajar, namun ia baru saja lulus.

"Dia baru lulus SMK," imbuh Edi.

Edi mengatakan LA ditangkap seusai aksi di DPR pada 30 September 2019. Edi menyebut LA ditangkap karena ikut merusuh di demo tersebut.

"Bukan karena masalah pelecehan bendera, tetapi karena ikut demo. Dia membuat kerusuhan saat demo, intinya itu," kata Edi.

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang mengatakan bahwa foto pelajar STM bawa bendera Indonesia mendunia di seluruh koran luar negeri tidak didukung bukti sahih. Foto yang diklaim sebagai bukti tidak menggambarkan kejadian sesungguhnya.

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Jangan Langsung Minum Air Putih Usai Lari, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Kontrol Diabetes Cukup dengan Insulin?