Sukses

[Cek Fakta] Viral Foto Kebakaran Masjid yang Diklaim Terjadi pada 23 Juni, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Foto masjid yang terbakar pada 23 Juni 2019 beredar di media sosial. Kabar ini diunggah oleh akun facebook Amazing Indonesia.

Akun facebook ini kemudian mengaitkan peristiwa kebakaran tersebut dengan insiden yang terjadi baru-baru ini.

"MASJID INI TERBAKAR BARU TADI.. JIKA ANDA ISLAM KOMEN AAMIIN, YA ALLAH SELAMATKANLAH RUMAHMU INI DARI API AAMIIN...Bagikan 3 grup agar banyak mendoakan," tulis akun facebook Amazing Indonesia.

Konten yang diunggah akun facebook Amazing Indonesia telah 20 ribu kali dibagikan dan mendapat 3.700 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, foto kebakaran masjid bukan terjadi baru-baru ini. Foto tersebut merupakan foto Masjid Agung Belopa Luwu yang terbakar pada Januari 2019.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel "VIDEO: Detik-Detik Kubah Masjid Agung Luwu Terbakar".

Liputan6.com, Jakarta-Kubah Masjid Agung Luwu mendadak terbakar. Besarnya api membuat warga sekitar panik menyelamatkan diri.

Fakta lainnya juga bisa dilihat dari situs makassar.terkini.id dengan judul artikel "Masjid Agung Belopa Terbakar, 4 Mobil Pemadam Dikerahkan".

Terkini.id, Luwu – Kebakaran dahsyat menimpa Masjid Agung Belopa di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa 29 Januari 2019 sekira pukul 10.30 Wita.

Kebakaran terjadi tepat pada bagian kubah utama masjid tersebut.

Saat kejadian berlangsung, sejumlah mobil pemadam kebakaran dibantu water canon Polres Luwu dikerahkan untuk memadamkan api yang terus membesar.

Dinas Kominfo Kabupaten Luwu mengabarkan, saat kebakaran berlangsung, pemerintah mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit mobil water canon dari Polres Luwu, 1 unit mobil PDAM dan 1 unit mobil PJU yang dikerahkan untuk memadamkan api yang terus membesar.

Petugas Cukup Kewalahan

Dari pantauan redaksi, petugas terlihat cukup kewalahan memadamkan kobaran api karenakan angin yang bertiup cukup kencang, serta ketinggian kubah yang cukup sulit dijangkau.

Kobaran api yang berada di puncak atap masjid tersebut juga sulit dijangkau oleh semprotan air mobil damkar. Baru sekitar beberapa menit kejadian, mobil water canon milik Polres Luwu berhasil menyentuh mata api.

Saat kejadian, Warga Belopa yang melihat kebakaran di lokasi, pun ikut membantu dengan mengamankan barang-barang inventaris Masjid.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto masjid terbakar yang diunggah akun facebook Amazing Indonesia bukan terjadi pada saat ini. Foto tersebut merupakan kejadian terbakarnya Masjid Agung Belopa pada Januari 2019.

Narasi yang ditulis akun facebook tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Situs Merdeka.com Dicatut untuk Sebar Hoaks
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Cerita Warga Palestina Tak Tembus Ditembak Peluru Saat Salat