Sukses

[Cek Fakta] Para Pilot di Indonesia Dukung Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah video terkait dukung-mendukung pasangan capres dan cawapres dalam Pilpres 2019 kian marak di media sosial. Salah satunya adalah video pilot yang disebut mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Video tersebut diunggah akun Youtube Satori Wong Brebes pada 29 Desember 2018 lalu.

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Dapat Dukungan Pilpres 2019 dari Ikatan Pilot Indonesia?

"Prabowo Sandi Dapat Dukungan Dari Pilot Dan Penerbangan Indonesia," tulis Satori Wong Brebes menyertai videonya.

Dalam video yang diunggah, terlihat Prabowo menyalami satu persatu orang yang hadir. Mereka juga terdengar meneriakkan dukungan pada Prabowo.

"Presiden presiden presiden," teriak massa pendukung yang hadir.

Video itu sudah ditonton 396 kali dan mendapat tanda suka satu. Namun, belum ada komentar sama sekali dalam video dukungan untuk pasangan nomer 02 pada Pilpres 2019 Prabowo-Sandi tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Fakta

Video yang diunggah akun Youtube Satori Wong Brebes belum dipastikan keabsahannya terkait apakah para pilot dan penerbang di Indonesia mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. 

Namun, bantahan muncul dari Ikatan Pilot Indonesia. Seperti Liputan6.com dalam  VIDEO: Ikatan Pilot Indonesia Bantah Dukung Salah Satu Capres pada Kamis, 3 Januari 2019 lalu.

 

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Dapat Dukungan Pilpres 2019 dari Ikatan Pilot Indonesia?

Dalam video tersebut, Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Rama Noya menegaskan, organisasinya netral dalam Pemilihan Presiden April 2019 mendatang.

"Ikatan Pilot Indonesia tidak terlibat dalam dukung mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia dalam kampanye pemilihan bulan April 2019 yang akan datang," ujar Rama Noya dalam video tersebut.

Selain itu, Tempo.co juga mengunggah artikel terkait dengan judul Ikatan Pilot Indonesia Tegaskan Sikap Netral di Pilpres 2019 pada Rabu, 2 Januari 2019.

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Dapat Dukungan Pilpres 2019 dari Ikatan Pilot Indonesia?

"Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Rama Noya menegaskan organisasinya netral di Pilpres 2019. Rama mengutarakan ini mengklarifikasi beredarnya video dukungan pilot terhadap pasangan Prabowo - Sandiaga di pemilihan presiden 2019.

"IPI merupakan organisasi profesi pilot yang profesional dan tidak terlibat dalam politik praktis," kata Rama Noya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.

Dia mengatakan IPI tidak terlibat dalam acara dukung-mendukung capres-cawapres saat kampanye di Pilpres 2019. IPI, kata rama, netral dan independen dalam Pemilu 2019 sehingga menyerahkan hak politik anggota kepada pribadi masing-masing. Organisasi tidak mencampuri urusan hak politik pribadi.

"Pilot Indonesia dalam video yang beredar tersebut bukan Ikatan Pilot Indonesia dan tidak mewakili pilot Indonesia secara keseluruhan," ujarnya.

Dia menegaskan pernyataan itu merupakan upaya preventif organisasinya agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat dan meluruskan bahwa IPI merupakan organisasi profesional dan netral.

Ketua 1 IPI Ari Sapari mengatakan dalam video dukungan pilot yang beredar, tidak menunjukkan kekhususan membawa nama organisasi IPI. Sehingga dukungan beberapa pilot merupakan hak personal.

Menurut dia, sejauh tidak ada rekayasa foto dan video yang mengatasnamakan personal atau organisasi, maka tidak ada tindakan jalur hukum. "IPI sebagai organisasi profesi strategis menilai kesatuan dan persatuan bangsa harus tetap terjaga. IPI netral dan mendukung penuh pelaksanaan Pemilu 2019," katanya.

Sebelumnya, beredar video yang mengatasnamakan penerbang pilot Indonesia menghadiri pertemuan dengan calon presiden nomor urut 01 Prabowo Subianto. Dalam video tersebut, orang-orang yang mengatasnamakan pilot Indonesia itu menerimakan "Prabowo presiden"."

Kemudian, Detik.com juga mengunggah artikel berjudul BPN: Dukungan Pilot ke Prabowo Bersifat Pribadi, Bukan atas Nama IPI.

[Cek Fakta] Prabowo Subianto Dapat Dukungan Pilpres 2019 dari Ikatan Pilot Indonesia?

"Beredar video viral dengan keterangan 'Prabowo bersama barisan penerbang pilot Indonesia', kemudian dibantah oleh Ikatan Pilot Indonesia (IPI) yang menyatakan organisasinya bersikap netral. Menurut BPN Prabowo-Sandiaga, dukungan para pilot ke Prabowo itu bersifat pribadi.

"Pertama, itu kan yang datang ke Pak Prabowo tak mengatasnamakan IPI, atas nama pribadi-pribadi pilot. Banyak pilot Indonesia, ratusan kali kalau digambar datang memberikan dukungan kepada Prabowo dan Sandi dan tidak mengatasnamakan organisasi IPI. Lalu masalahnya di mana, dong? " kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, saat dihubungi detikcom, Kamis, 3 Januari 2019.

Andre mengatakan setiap pilot memiliki hak politik masing-masing untuk mendukung salah satu capres. Karena itu, menurutnya wajar saja ada beberapa pilot menyatakan dukungannya pada Prabowo-Sandi.

"Kan nggak ada masalah dong kalau pribadi-pribadi pilot di Indonesia menyatakan dukungan kepada Prabowo-Sandi, kan nggak mengatasnamakan IPI, lalu masalahnya di mana? Kan hak setiap pilot boleh dong punya hak menyatakan dukungan secara pribadi, kan tidak mengatasnamakan IPI. Saya rasa wajar saja di zaman demokrasi ini," ungkapnya.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Sodik Mujahid, menyambut baik dukungan para pilot kepada Prabowo-Sandiaga. Menurutnya, dukungan kepada Prabowo-Sandi semakin bertambah dari kalangan menengah dan kelas terpelajar seperti pilot.

"Salut kepada pilot-pilot yang sudah menunjukkan objektivitas, kecerdasan, dan kejujurannya dengan menyatakan keberpihakan dan dukungan kepada Prabowo," ujar Sodik.

Sodik berpendapat, banyaknya organisasi yang tak menentukan sikap terkait dukungan terhadap capres tertentu adalah wajar, karena tiap individu punya hak memilih. "Setuju dengan Ketua IPI bahwa apa yang dikatakan pilot-pilot tadi tidak bertentangan dengan aturan organisasi IPI," ujar Sodik.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Rama Noya menegaskan organisasinya netral dalam Pilpres 2019. Hal itu disampaikan Rama untuk menyikapi beredarnya video dengan keterangan 'Prabowo bersama barisan penerbang pilot Indonesia'.

"Menegaskan bahwa Ikatan Pilot Indonesia adalah organisasi profesi pilot yang profesional dan tidak terlibat dalam politik praktis," ujar Rama saat jumpa pers di gedung Graha Dirgantara, Jl Raya Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (2/1)."

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Unggahan video akun Youtube Satori Wong Brebes belum dapat dipastikan keabsahannya karena tidak disertai bukti-bukti sahih bahwa orang-orang yang ada di sana adalah para penerbang.

Selain itu, Ikatan Pilot Indonesia (IPI) sudah memastikan organisasinya netral dalam Pilpres April 2019 mendatang.

 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Ungkap Jurus Prabowo Yakinkan Kader Gerindra yang Tolak Gabung Jokowi
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Blak-Blakan Soal Tawaran Prabowo Balik ke Kursi Wagub DKI