Sukses

Timnas U-19 Tak Termasuk Terima Bonus di Haornas

"Jadi saya pastikan sekali lagi bahwa Timnas Indonesia U-19 tidak akan tampil dalam penghargaan dan bonus atlet di Haornas," ujar Roy.

Penyerahan penghargaan olahragawan dan pelatih terbaik akan dilakukan pada puncak peringatan Haornas di Stadion Mandala Krida Yogyakarta 18 Oktober mendatang. Penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.      

Enam olahragawan yang berprestasi di tingkat dunia dari berbagai cabang, bakal menerima bonus bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Keenam atlet itu adalah Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dari cabang bulutangkis, Lis Andriana dari cabang Paralayang, dan Lindswel dari cabang wushu.

Keenamnya diganjar bonus sebesar Rp 125 juta. Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo mengatakan bonus itu merupakan bentuk perhatian atas prestasi para atlet. Selain para atlet, dua pelatih yang dianggap berprestasi yakni Richard Mainaky dan Herry Iman Pierengadi dari cabang bulutangkis juga mendapat bonus Rp 50 juta.

Tapi bonus tersebut tampaknya tak dirasakan oleh Timnas Indonesia U-19 yang baru saja menjadi juara AFF di Sidoarjo. Garuda Muda berhasil mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti yang dilaksakan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu 22 September 2013. Kenapa bisa begitu?

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga bahwa keenam atlet itu sudah lebih dulu dilaporkan kepada Presiden RI. Belum lagi, semua persiapan yang ada di ajang itu sudah siap. Boleh dikatakan timnas telat berprestasi.

"Bonus dan Penghargaan atlet yang ada di Haornas kemungkinan besar tidak ada untuk Timnas Indonesia U-19. Pasalnya Kemenpora sudah lebih dahulu membuat daftar yang akan mendapatkan penghargaan itu, sementara timnas baru saja meraih gelar juara," ucap Menpora.

"Jadi saya pastikan sekali lagi bahwa Timnas Indonesia U-19 tidak akan tampil dalam penghargaan dan bonus atlet di Haornas," tegas Roy.

Di sisi lain, penghargaan Haornas juga diberikan kepada mantan atlet berprestasi. Tercatat ada 19 mantan atlet yang akan menerima penghargaan pada puncak peringatan Haornas di Yogyakarta. Mantan atlet mendapat penghargaan berupa bantuan Hari Tua sejumlah Rp 37,1 juta dan Rp 125 juta. (Vin)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.