Sukses

Prancis Tak Mau Buang Kesempatan Lagi

Prancis minimal bisa menyelesaikan kualifikasi dengan memastikan lolos ke babak play-off.

Harapan Prancis bisa lolos secara otomatis ke Piala Dunia 2014 tergantung pertandingan melawan Belarusia. Berdasarkan jadwal, Prancis akan menyambangi Belarusia di laga lanjutan Grup I Zona Eropa, Rabu (11/9/2013). Di grup ini, Prancis bergabung dengan tim kuat Spanyol, Belarusia, Finlandia, dan Georgia.

Tim asuhan Didier Deschamps ini, pada laga Jumat lalu, mendapat hasil kurang bagus, setelah bermain imbang 0-0 dengan Georgia. Sementara pesaing utamanya Spanyol menang 2-0 di Finlandia.

Dengan hasil itu, Prancis sekarang membuntuti pimpinan Grup I Spanyol yang sudah mengumpulkan 14 angka. Sedangkan, Prancis yang berada di urutan kedua  terpaut tiga poin dengan hanya menyisakan dua pertandingan terakhir.

Perjalanan "Les Bleus" kali ini sepertinya berjalan kurang mulus. Terbukti dalam pertandingan terakhir, Prancis gagal memetik kemenangan. Kebuntuan di Tbilisi seakan menggarisbawahi kekurangan mereka di depan gawang. Olivier Giroud dan Karim Benzema kerap membuang peluang dan kesempatan.

Untungnya, Prancis memiliki kesenjangan lima poin dengan urutan ketiga Finlandia urutan ketiga. Dengan begitu Benzema dan kawan-kawan minimal harus bisa memastikan lolos ke babak play-off sebagai target realistis.

Bahan Kritikan
Deschamps dan timnya sebelum melakoni laga kualifikasi sempat jadi bahan kritikan pers Perancis. Media menyebut bahwa kondisi ini bisa menjadi sisi terburuk dalam sejarah sepakbola Prancis.

Namun, manajer yang pernah menjadi kapten Prancis yang sukses merengkuh Piala Dunia pada 1998, lebih menghindari perbandingan."Aku tidak pernah bisa mengatakan ini adalah salah satu tim terburuk dalam sejarah Perancis. Saya tidak membandingkan generasi," katanya.

"Aku akan membuat pilihan untuk kebaikan tim. Saya masih memiliki beberapa solusi, tetapi tidak memiliki obat ajaib," imbuhnya.

Menghadapi laga melawan Belarusia, Deschamps mengaku belum memutuskan siapa yang akan bermain. Tapi, dia akan membuat pilihan untuk kebaikan tim. "Kami kurang dalam efisiensi. Kita perlu meningkatkan aspek ini," katanya.

Dilihat dari rekor pertemuan kedua negara, Prancis pernah mengalahkan Belarusia 3-1 saat mereka bertemu September lalu. Dan, pelatih Belarusia, Georgi Kondratiev, mengaku melawan Prancis adalah pertandingan yang sulit.

Menurut dia, Prancis sekarang jauh lebih kuat dari tim yang pernah dikalahkannya 1-0 pada 2010. "Mereka sekarang memiliki tim yang kuat, dan pemain yang sangat baik. Ini adalah salah satu tim terbaik di dunia," kata Kondratiev.

"Serangan mereka sangat mengesankan. Aku benar-benar terkesan dengan ( Franck ) Ribery dan ( Mathieu ) Valbuena . Mereka ada dimana-mana, mereka tidak pernah berhenti. Ini akan sangat sulit melawan mereka," ujarnya.

Belarusia saat ini berada di urutan paling bawah grup, dengan hanya meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang dari enam pertandingan mereka.Dengan dua pertandingan tersisa, mereka masih bisa menyelesaikan kualifikasi di posisi ketiga, dan itu akan menjadi target tertinggi mereka. Setelah menjamu Prancis, Belarusia akan menghadapi tim kuat Spanyol. (Berbagai Sumber/Def)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/16gl74L">Menanti Duel El Clasico 2 Raksasa Spanyol Senilai Rp 11,24 T</a>
* <a href="http://bit.ly/14AvsdF">Menanti Aksi Bale di Laga Abal-abal</a>
* <a href="http://bit.ly/186VqGq">Partai Paling Menakutkan Sepanjang Karier Hodgson</a>
* <a href="http://bit.ly/15NjoXe">Romario : Messi Kena Sindrom Asperger</a>
* <a href="http://bit.ly/15LuWo1">Belanja Pemain Liga Premier: City Terboros, Everton Paling Untung</a>
* <a href="http://bit.ly/1fSTrUY">Berfoto dengan Ronaldo, Mr Bean Pasang Muka Masam</a>
* <a href="http://bit.ly/17MHyPy">Casillas Tak Mungkin Gantikan Valdes di Barca</a>
* <a href="http://bit.ly/13DzNtN">Tiga Klub Inggris Berebut Messi dari Ukraina</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/15akPfP"&gt;Ronaldo Diejek `Murah` Oleh Suporter Irlandia&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.