Sukses

Catatan Pendek Sejarah Community Shield

Sejauh ini, klub yang paling banyak mengoleksi gelar juara adalah MU dengan 19 trofi, empat diantaranya juara bersama.

Kompetisi sepakbola Inggris akan di mulai dengan gelaran FA Community Shield antara Manchester United melawan Wigan Athletic di stadion Wembley, Minggu (11/8/13) malam nanti. Akan tetapi, belum banyak yang mengetahui sejarah pertandingan amal di Inggris tersebut.

FA Community Shield pertama kali bergulir pada tahun 1898. Ketika itu, kompetisi tersebut masih bernama Sheriff of London Charity Shield yang dicetus oleh Sir Thomas Dewar, pengusaha minuman alkohol asal Skotlandia. Format awal kompetisi ini mempertemukan klub terbaik profesional dengan klub terbaik amatir Inggris di akhir musim, untuk penggalangan dana buat disumbangkan ke rumah sakit dan amal.

Pertandingan pertama berlangsung pada tanggal 19 Maret 1898, antara Corinthians melawan Sheffield United sebagai perwakilan dari klub profesional. Namun Sheriff of London Charity Shield tidak berumur panjang, hanya 10 episode hingga 1907, karena dominasinya klub dari divisi profesional. Disamping itu, ada keretakan antara FA dan klub amatir, sehingga terbentuklah Amateur Football Alliance (AFA).

Setelah itu Sheriff of London Charity Shield bubar dan berubah nama menjadi Community Shield pada tahun 1908. Pertandingan pertama Community Shield mempertemukan Manchester United sebagai juara Divisi Satu (divisi tertinggi kala itu) dengan Queens Park Rangers (juara Southern League). Pertandingan berakhir imbang 1-1 sehingga harus diulang, dan pada partai ulangan MU menaklukan QPR 4-0 dan menjadi tim pertama menjuarai Community Shield.

Pertandingan MU kontra QPR menjadi laga satu-satunya laga amal di Inggris tersebut yang harus diulang di Stamford Bridge, bukan di Wembley. Kemudian di tahun 1930, Community Shield ditetapkan sebagai pertandingan yang mempertemukan juara divisi tertinggi dengan juara Piala FA dan format tersebut bertahan hingga saat ini.

Kala itu Community Shield juga mengenal juara bersama karena bermain imbang. Terakhir yang mendapatkan titel juara bersama adalah Arsenal dan Tottenham Hotspur tahun 1991 dengan hasil imbang 0-0.

Pada tahun 1991 juara bersama dihapus. Sehingga apabila terjadi imbang maka pertandingan langsung dilanjutkan dengan adu penalti tanpa ada perpanjangan waktu dua kali 15 menit.

Sejauh ini, klub yang paling banyak mengoleksi gelar juara adalah MU dengan 19 trofi, empat diantaranya juara bersama (1965, 1967, 1977, 1990). Disusul Liverpool dengan 15 trofi, lima diantaranya juara bersama (1964, 1965, 1977, 1986, 1990). Sementara Wigan sendiri belum pernah menang. (*)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1coKmqv">MU Coret Wayne Rooney</a>
* <a href="http://bit.ly/14j2GYg">Aksi Boikot Gareth Bale</a>
* <a href="http://bit.ly/14j2YOO">Jelang Community Shield Kondisi Dua Andalan MU Diragukan</a>
* <a href="http://bit.ly/19b2dN8">Tontowi/Liliyana Natsir Akui Buat Kesalahan di Set Pertama</a>
* <a href="http://bit.ly/16D5pyC">Hendra Setiawan Punyak Banyak Penggemar di China</a>
* <a href="http://bit.ly/1cSqtWA">Duh... Cantiknya Istri Ketiga Pemilik Liverpool</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.