Sukses

Kecewanya Belanda Gol Dianulir saat Lawan Prancis di Euro 2024

Pertandingan antara Belanda dan Prancis di Euro 2024 pada hari Sabtu (22/6/2024) dinihari WIB diwarnai dengan kontroversi setelah gol Belanda dianulir oleh wasit, menimbulkan ketidakpuasan dari pihak Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan seru antara Belanda dan Prancis di Euro 2024 pada hari Sabtu (22/6/2024) dinihari WIB berakhir dengan skor imbang 0-0. Namun, hasil tersebut diwarnai dengan kontroversi setelah gol Belanda dianulir oleh wasit, menimbulkan ketidakpuasan dari pihak Belanda.

Gol di babak kedua yang dicetak oleh Xavi Simons dianulir karena Denzel Dumfries dinyatakan offside. Dumfries berdiri di samping kiper Prancis, Mike Maignan, yang dianggap mengganggu pandangan kiper. Keputusan ini dikonfirmasi oleh VAR setelah penundaan yang cukup lama.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, tidak menyembunyikan kekecewaannya terhadap keputusan wasit Anthony Taylor dari Inggris. "Posisi Dumfries memang offside, itu benar. Tapi dia tidak mengganggu kiper. Menurut saya, itu gol sah," tegas Koeman dalam konferensi pers pasca laga.

Koeman juga mengkritik lamanya waktu yang diperlukan untuk memeriksa insiden tersebut. "Apakah mereka memerlukan waktu lima menit untuk memeriksanya karena sangat sulit? Saya tidak mengerti hal ini. Dia tidak mengganggu kiper," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil yang Diterima Kedua Tim

Meski gol dianulir, Koeman menyatakan bahwa hasil imbang tanpa gol merupakan hasil yang adil bagi kedua tim. "Meski menurut saya gol tersebut seharusnya sah, kesimpulan saya adalah ini adalah hasil yang adil. Saya bisa menerima hal ini, meski ada saat-saat selama pertandingan di mana kami tidak tampil maksimal dan itu mungkin karena fakta bahwa kami menghadapi lawan yang hebat di Prancis," ujarnya.

Dengan hasil ini, Belanda dan Prancis sama-sama mengantongi empat poin, yang hampir memastikan mereka melaju ke babak sistem gugur. Koeman merasa puas dengan pencapaian timnya. "Kami mendapat empat poin dari dua pertandingan dan bermain melawan tim favorit. Saya senang dengan hasil ini,"

3 dari 3 halaman

Reaksi Pemain

Kapten Belanda, Virgil van Dijk, juga mengekspresikan ketidaksetujuannya terhadap keputusan wasit. "Gol kami valid dari apa yang saya lihat dari belakang," katanya. "Prancis punya peluang, tapi kami juga punya satu atau dua peluang melalui serangan balik. Jadi, itulah satu poinnya."

Xavi Simons, pencetak gol yang dianulir, lebih memilih untuk fokus ke depan daripada memperdebatkan keputusan tersebut. "VAR yang mengambil keputusan, pada akhirnya Anda tidak bisa berbuat apa-apa," kata pemain berusia 21 tahun itu. "Saya bisa mengatakan sesuatu, tapi itu tidak akan mengubah apa pun. Itu adalah pilihan wasit; kami harus terus maju,"

Simons juga menyatakan kepuasannya dengan hasil yang diraih. "Yang paling penting adalah memberikan performa bagus. Kami tahu kualitas Prancis dan tentu saja kami ingin menang, tapi kami mengambil satu poin." ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.