Sukses

Euro 2024: Ukraina Disebut Bawa Beban Berat Saat Kalah Telak 0-3 Lawan Rumania

Ukraina gagal mengatasi tekanan karena harus menghibur masyarakat yang sedang perang lawan Rusia di Euro 2024. Ini menjadi salah satu penyebab kekalahan lawan Rumania.

Liputan6.com, Jakarta Ukraina tidak disangka kalah telak 0-3 dari Rumania pada laga pertama grup E Euro 2024 di stadion Fussball Arena, Munchen, Senin (17/6/2024). Tiga gol Rumania dicetak Nicolae Marin di menit ke-29, Razvan Marin (53) dan Denis Dragus (57).

Pertemuan kedua negara di event besar memang selalu ketat. Rumania membuktikan keunggulan dengan 4 kemenangan dan 3 kali kalah lawan Ukraina.

Namun kalah telak 0-3 tak pernah diduga suporter mereka termasuk jurnalis Ukraina, Bogdan Buga. Menurut dia, skill dan taktik bukan jadi penyebab kekalahan Ukraina lawan Rumania pada laga pertama grup E Euro 2024.

Seperti dilansir UEFA.com, Bogdan menyoroti mental pemain Ukraina. Dia mengatakan pemain Ukraina seperti membawa beban berat karena harus menghibur masyarakatnya yang sedang berperang dengan Rusia sejak 2022 lalu.

"Ini start buruk untuk tim yang dianggap sebagai favorit di laga ini. Ini bukan soal kualitas pemain atau taktik," katanya.

"Saya piker ini ada kaitannya dengan mental. Pemain Ukraina kesulitan untuk menghilangkan tekanan dan harapan yang mereka tanggung dari masyarakat Ukraina yang ingin melihat tim sepak bolanya Berjaya di Piala Eropa 2024."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pelatih Ukraina Akan Evaluasi Tim

Pelatih Ukraina Serhiy Rebrov sangat kecewa dengan kekalahan yang diterima timnya. Menurut dia ada yang salah di permainan Ukraina lawan Rumania.

"Ada perbedaan nyata di laga tadi. Kami menguasai bola tapi tidak membuat peluang. Kami tak menyangka hasil seperti ini," katanya.

"Kami akan menjalani duel yang serius di laga berikutnya. Kami harus saling bicara dan bersiap untuk laga berikutnya.

 

3 dari 5 halaman

Kapten Ukraina Berusaha Kuat dan Lupakan Kekalahan

 

Sementara itu kapten Ukraina Taras Stepanenko berusaha untuk kuat dan sabar. Dia ingin segera melupakan kekalahan ini dan focus ke laga berikutnya.

"Saya sangat kecewa dengan penampilan kami. Hari ini, kami tak main seperti biasanya. Rumania pantas menang dan kami harus terus melaju," katanya.

"Kami masih punya dua laga lagi dan kami harus kuat dan mengubah situasi ini."

4 dari 5 halaman

Rumania Makin Percaya Diri

Sementara itu, Rumania makin percaya diri menjalani Euro 2024. Pelatih Rmania, Edward Tordanescu meminta fans dan juga public di Rumania terus mendukung mereka.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua warga Rumania di seluruh dunia. Saya tahu mereka Bersama kami hari ini. Ini usaha luar biasa dari tim saya," katanya.

"Kalau Anda meragukan kami, saya piker Anda bisa memulai percayai saya sekarang kalua ini tim hebat. Selamat kepada pemain. Ini luar biasa."

 

5 dari 5 halaman

Nicolae Stanciu Didukung Langsung Keluarga

 

Sementara itu, kapten Rumania Stanciu menjadi man of the match di laga ini. Dia sangat senang karena mendapatkan dukungan penuh dari keluarga.

"Gol tadi itu terbaik di karier saya. Jersey ini berarti segalanya buat saya. Bisa menang seperti tadi di Euro itu luar biasa," katanya.

"Anak saya, ayah saya, istri saya semuanya menangis. Saya ingin berterimakasih epada ereka semua dan semoga kami membuat mereka gembira."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.