Sukses

Sandy Walsh Jawab Kritikan Tentang Timnas Indonesia: Kami Semua Berdarah Merah Putih

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Sandy Walsh menjawab kritikan tentang banyaknya pemain naturalisasi pada Skuad Garuda dalam Pre Match Press Conference jelang laga kontra Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta Pemain Timnas Indonesia Sandy Walsh menjawab kritikan soal pemain naturalisasi yang menghuni Skuad Garuda jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Vietnam. Tanggapan tersebut disampaikan dalam Pre Match Press Conference di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Rabu (20/3/2024).

Seperti yang kita ketahui, Timnas Indonesia diisi sebanyak sembilan pemain naturalisasi. Empat di antaranya baru dinaturalisasi pada akhir tahun 2023 dan satu minggu sebelum laga kontra Vietnam. Empat pemain tersebut tentunya diharapkan membawa kekuatan baik bagi Indonesia. 

Hal ini menjadi buah bibir media Vietnam hingga bek Timnas Vietnam ikut memberikan komentarnya. Von Duy Manh mengaku bingung bakal bertanding dengan tim nasional Indonesia atau Belanda, melihat banyaknya pemain naturalisasi dari Negeri Kincir Angin yang masuk dalam daftar skuad Merah Putih di perhelatan tersebut. 

Menanggapi hal tersebut Sandy Walsh buka suara, Ia menjelaskan bahwa semua orang yang memiliki darah Indonesia boleh memiliki paspor Indonesia dan mereka akan berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia.

"Kami semua orang Indonesia. Tentu saja akan ada kritikan, tetapi kami semua orang Indonesia, kami semua satu tim, kami mewakili negara ini. Kami, teman-teman setim saya, kami berjuang bersama." Ucap Sandy Walsh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sandy Walsh Sebut Vietnam Iri Dengan Timnas Indonesia

Banyaknya pemain naturalisasi yang bergabung dengan Skuad Merah Putih menjadi topik hangat di Vietnam. Tidak hanya publik, pemain Timnas Vietnam pun ikut berkomentar.

Sandy Walsh yang merupakan salah satu pemain naturalisasi pun menjawab komentar tersebut. Menurut Walsh, Vietnam hanya iri dengan Timnas Indonesia yang banyak diperkuat pemain naturalisasi yang bermain di Liga Internasional.

"Mungkin mereka iri karena banyak pemain kami yang bermain di Eropa, tetapi kami punya dan darah Indonesia. Kami pun merasa beruntung karena punya banyak pemain berkualitas yang berkompetisi di Eropa, jadi kami akan menunjukkannya besok." Tegas Pemain berusia 29 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Laga Kontra Vietnam Jadi Laga Penting

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai, laga timnya melawan Timnas Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis, 21 Maret 2024 akan menjadi laga penting bagi kedua tim.

Shin Tae-Yong didampingi oleh Sandy Walsh pada press conference di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu 20 Maret 2024. 

Sandy Walsh menyebut bahwa laga melawan Timnas Vietnam besok merupakan pertandingan yang sangat penting bagi kedua tim. Indonesia dan Vietnam sama-sama mengincar kemenangan pada laga ini. 

"Pertandingan besok adalah hal yang sangat penting. Persiapan kami berjalan baik. Meskipun kami kehilangan beberapa pemain inti, akan tetapi kami berada dalam kondisi baik. Kami jaga momentum baik dari Piala Asia jadi saya pikir kami ingin melanjutkan momentum ini dan menunjukkan performa maksimal." Ucap Pemain K.V. Mechelen itu.

Dalam Pertandingan ini Indonesia sangat memungkinkan untuk dapat meraih poin. Menurut Shin Tae-Yong pertandingan ini akan berlangsung ketat dan menarik. Maklum di level ASEAN kedua tim memang bersaing ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.