Sukses

Shin Tae-yong Sindir Balik Pemain Vietnam yang Sebut Timnas Indonesia Kental Aroma Belanda

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyindir balik pemain Vietnam, Do Duy Manh, yang sempat mengaku bingung bakal menghadapi Indonesia atau Belanda di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyindir balik pemain Vietnam, Do Duy Manh, yang sempat menjadi buah bibir di Tanah Air jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret mendatang. 

Bek The Golden Star itu mengaku bingung bakal bertanding dengan tim nasional Indonesia atau Belanda, menyusul banyaknya pemain naturalisasi dari Negeri Kincir Angin yang masuk dalam daftar skuad Merah Putih di perhelatan tersebut. 

Sekadar informasi, PSSI belakangan memang aktif merekrut pemain keturunan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia di panggung internasional. 

Ada setidaknya 5 nama kelahiran Belanda yang sudah dan akan dinaturalisasi dari periode Desember 2023 hingga awal tahun ini, dengan 4 di antaranya dipanggil ke skuad Garuda untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam. 

Situasi tersebut rupanya memantik perhatian dari penggawa The Golden Star Do Duy Manh. Sang pemain sempat mengeklaim dia dan rekan-rekannya bingung akan bertanding melawan Timnas Indonesia atau Belanda di laga akhir bulan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jawaban Tajam Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, yang dimintai komentar terkait hal itu, langsung memberi balasan tajam terhadap pernyataan pemain Vietnam.

Juru taktik asal Korea Selatan menilai Do Duy Manh tidak bisa membaca berita yang beredar, mengingat para pemain keturunan  jelas-jelas sudah menyandang status WNI usai menuntaskan proses naturalisasi. 

"Mungkin dia tidak bisa baca artikel. Pemain Belanda mana mungkin bisa main di Timnas Indonesia," ucap Shin Tae-yong saat dimintai tanggapan oleh awak media di sela-sela latihan skuad Garuda pada Senin (18/3/2024) malam WIB.

"Karena punya paspor Indonesia, jadi (mereka) bisa main di Timnas Indonesia. Kan tidak mungkin pemain Timnas Belanda bisa main di Timnas Indonesia," sambung eks pelatih Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

PSSI Juga Sempat Buka Suara

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga sempat buka suara menanggapi sindiran pemain Timnas Vietnam soal banyaknya penggawa naturalisasi beraroma Belanda yang dipanggil ke skuad Garuda.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu hanya memberi respons santai sembari bergurau soal pesatnya perkembangan Timnas Indonesia di era kepemimpinan dia sebagai nakhoda federasi. 

"Mungkin mereka (pemain Timnas Vietnam) bingung kenapa Indonesia di bawah kepemimpinan ini semakin bagus," ucap Erick Thohir saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (14/3/2024) lalu. 

"Sama ketika kita melihat Vietnam 5-6 tahun lalu, kita juga bingung, kok mereka bagus. Sama-sama bingung. Tidak apa-apa, orang kita juga pernah bingung sama mereka. Masa kita tidak boleh juga membuat mereka bingung?" tandas Ketum PSSI kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.