Sukses

Jabatan di Manchester United Terancam, Erik ten Hag Bisa CLBK dengan Ajax

Erik ten Hag berpelang CLBK dengan mantan klubnya Ajax Amsterdam apabila dipecat dari Manchester United pada akhir musim 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta Posisi Erik ten Hag berpotensi diguncang musim depan. Manajer asal Belanda itu berada di ujung tanduk lantaran gagal mengantar Setan Merah tampil menjanjikan sepanjang kampanye 2023/2024.

Kinerja eks manajer Ajax Amsterdam sejatinya cukup gemilang di musim debutnya bersama MU. Juru taktik berkepala plontos sukses mengantar Setan Merah mengakhiri puasa trofi sejak 2017 lewat gelar Carabao Cup serta membawa anak-anak asuhnya finis ketiga di klasemen akhir Liga Inggris 2022/2024.

Malang performa mentereng itu gagal dipertahankan memasuki musim 2023/2024. MU banyak menelan hasil minor, sehingga gagal mempertahankan trofi Carabao Cup dan sudah tersingkir dari ajang Liga Champions musim ini.

Bruno Fernandes dan kawan-kawan juga terancam gagal tembus ke kompetisi elite Eropa musim depan lantaran mereka masih terkunci di urutan 6 tabel sementara Liga Inggris dengan perolehan 47 poin dari 28 laga.

Investor baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe sejatinya tak ingin buru-buru mendepak Ten Hag dari Old Trafford. Miliarder Inggris kabarnya masih ingin melihat progres juru taktik berusia 54 tahun bersama Setan Merah, setidaknya hingga akhir musim 2023/2024.

Kendati begitu, bukan berarti Ratcliffe sama sekali tak mencari suksesor untuk mengantisipasi kepergian sang pelatih. Sejumlah nama digadang-gadang masuk dalam radar incaran Setan Merah, mulai dari Graham Potter hingga mantan juru taktik legendaris Real Madrid Zinedine Zidane.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajax Bisa Tawarkan Jalan Keluar buat Ten Hag

Erik ten Hag kemungkinan bakal dipaksa mencari tempat kerja baru apabila CEO INEOS serius ingin mengakhiri jabatannya di Old Trafford pada akhir musim 2023/2024.

Padahal juru taktik asal Belanda sejatinya belum terlalu lama mengemban tugas bersama MU, dengan dia baru direkrut sebagai pelatih pada April 2022 untuk menggantikan posisi manajer interim Ralf Rangnick.

Walau begitu, laporan Mirror mengungkap Erik ten Hag tak perlu lama-lama menganggur usai berpisah dengan Manchester United.

Mantan klubnya, Ajax Amsterdam, diklaim berminat menawarkan jalan keluar untuk pelatih yang pernah mengantar klub Eredivisie mencapai semifinal Liga Champions 2018/2019.

3 dari 3 halaman

Ajax Sedang Butuh Manajer Baru

Adapun Ajax sendiri akhir-akhir ini memang sedang butuh kehadiran manajer baru. Mirror melaporkan CEO Ajax Alex Kroes telah ditugaskan untuk mencari suksesor John van 't Schip yang gagal bersinar di Belanda.

Juru taktik berusia 60 tahun itu memang belum terlalu berhasil membawa Ajax tampil menggigit musim ini. Mantan klub Erik ten Hag cuma mampu bertengger di urutan 5 klasemen Eredivisie dengan perolehan 40 poin dari 25 pertandingan sejak awal musim.

Kabar megungkap Ajax sejatinya berniat mengangkut Pep Ljinders ke Belanda musim depan. Kebetulan pria beursia 41 tahun itu akan meninggalkan Liverpool usai atalasannya Jurgen Klopp memilih berpisah dengan tim Premier League pada pengujung kampanye 2023/2024.

Walau demikian, Ajax juga punya opsi lain dalam diri Erik ten Hag. CEO klub konon tak menutup kemungkinan akan kembalinya Erik ten Hag apabila dia angkat kaki dari Old Trafford akhir musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.