Sukses

Timnas Indonesia U-16 Selesai Seleksi Tahap Pertama, Nova Arianto Belum Umumkan Nama Pemain

Timnas Indonesia U-16 menyelesaikan seleksi tahap pertama, Rabu (28/2/2024). Pelatih Nova Arianto total memantau langsung 98 pemain sejak kegiatan ini berlangsung 18 Februari lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 menyelesaikan seleksi tahap pertama, Rabu (28/2/2024). Pelatih Nova Arianto total memantau langsung 98 pemain sejak kegiatan ini berlangsung 18 Februari lalu.

"Akhirnya kita bisa menyelesaikan seleksi tahap pertama dari gelombang satu, dua, dan tiga. Kita bisa melihat potensi-potensi mereka dan mendapatkan beberapa pemain," kata Nova Arianto.

"Tetapi kita masih mencari pemain-pemain dari kompetisi Elite Pro Academy yang lolos di delapan besar dan rencananya kita akan seleksi lagi setelah FIFA Matchday di akhir Maret," tambahnya.

Nova menyatakan, mental dan fisik pemain seleksi Timnas U-16 Indonesia masih perlu pembenahan. Untuk itu, dirinya perlu mengasah kemampuan pemain dengan intens.

"Secara fisik, kami melakukan tes VO2 Max, kita bisa melihat secara garis besar, fisik pemain masih kurang. Sehingga, saya melihat mereka bermain 2x25 menit saja banyak yang kram," jelas Nova.

Nova menilai, para pemain justru bisa kuat bermain selama 2x35 menit di Elite Pro Academy (EPA) hingga Piala Soeratin.

"Analisis kami, mereka bisa mengatur kapan mau joging, jalan, atau lari. Kalau mereka ingin masuk ke tim U-16, mereka harus bermain dengan filosofi saya. Saya membutuhkan pemain-pemain yang mempunyai fisik yang oke. Saya melihat fisik dasar mereka masih jauh dari harapan," tukas Nova dilansir situs resmi PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Postur Pemain di Seleksi Timnas Indonesia U-16

Sosok yang juga menjadi asisten pelatih timnas Indonesia U-23 tersebut sebelumnya mengumumkan kriteria postur bagi pemain seleksi.

"Kriteria yang pasti tinggi badan, karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm," ungkpa Nova.

"Saya menyiapkan gen tim nasional ke depannya dengan postur yang tinggi. Karena alasannya minimal pemain itu akan naik satu cm per tahunnya.”

"Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm," jelasnya.

Faktor yang mendasari Nova untuk mencari pemain tinggi adalah pengalamannya di Piala Asia 2023. Kala itu, Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia. Hal tersebut, cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan. 

3 dari 3 halaman

Pemain yang Lolos Seleksi Timnas Indonesia U-16

Nova Arianto sebelumnya menyatakan baru akan mengumumkan pemain yang lolos seleksi setelah seluruh gelombang selesai. Dia juga menemukan para pemain harus beradaptasi jika mau membela timnas U-16. 

“Mereka rata-rata bermain di SSB, jadi saya melihat mereka membawa gaya dari masing-masing SSB atau akademinya. Tapi saya ingin menunjukkan pada mereka, ini lho cara main sepak bola sekarang. Saya mau pilih pemain yang benar-benar sesuai dengan filosofi saya, termasuk dengan tinggi badan,” kata Nova.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini