Sukses

Barito Putera vs Persib Bandung Berakhir Imbang, Bojan Hodak Sesalkan Kartu Merah

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menyebut kartu merah sebagai alasan di balik kegagalan anak asuhnya mengalahkan Barito Putera. Jika bermain 11 orang, dia yakin anak asuhnya bakal memetik kemenangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menyebut kartu merah sebagai alasan di balik kegagalan anak asuhnya mengalahkan Barito Putera. Jika bermain 11 orang, dia yakin anak asuhnya bakal memetik kemenangan.

Pangeran Biru ditahan Barito Putera 1-1 pada lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Sultan Agung, Jumat (23/2/2024).

David da Silva membawa Persib memimpin pada menit ke-11. Setelahnya Persib dan Barito Putera melewatkan sejumlah peluang.

Tuan rumah mendapat keuntungan ketika bek Persib Alberto Rodriguez diganjar kartu merah pada menit ke-70. Setelah berkali-kali mencoba, Laskar Antasari akhirnya menyamakan kedudukan melalui Yuswanto Aditya di menit ke-90.

"Saya pikir, selama 70 menit kami merupakan tim yang lebih baik dengan mampu menguasai jalannya pertandingan. Kami membuat satu gol dan beberapa peluang. Jika saja kami bisa mencetak gol kedua, kami bisa memenangi pertandingan," kata Bojan usai pertandingan.

"Setelah kejadian kartu merah, itu mengubah segalanya dan tentu saja, itu membuat kami berada di bawah tekanan. Sejujurnya, ini pertandingan yang sulit, tapi kami tidak bisa mengeluh kepada wasit atas sejumlah keputusan yang diambilnya," terangnya 

Hasil ini memperpanjang rapor minor Persib dengan gagal meraih kemenangan dalam lima laga terakhir. Mereka tertahan di peringkat tiga klasemen Liga 1 dengan koleksi 42 angka dari 25 pertandingan. Di sisi lain, Barito Putera juga menetap di posisi tujuh dengan 34 poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan Barito Putera vs Persib Bandung

Persib menggebrak sejak awal. Ciro Alves dua kali mendapat peluang bagus pada fase awal pertandingan.

Memasuki menit ke-11, Persib mampu memecah kebuntuan. Diawali kiriman bola panjang, David Da Silva menerimanya dan menyelesaikan serangan dengan sepakan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti untuk melesak masuk ke gawang tuan rumah.

Setelah kemasukan gol itu, justru Barito mampu bermain lebih lepas. Peluang bagus mereka miliki dari tendangan bebas Renan Alves yang disambut sepakan melenceng Gustavo Tocatins. Keunggulan 1-0 untuk Persib bertahan sampai turun minum.

Gawang Persib mendapat ancaman serius pada awal babak kedua. Pertama melalui kesalahan kiper Kevin Mendoza yang kurang sempurna saat menepis sepakan yang mengarah ke gawangnya, kemudian saat sepakan Devid Silva melambung ke atas gawang Persib.

Persib lantas harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-69. Bek Spanyol Alberto Rodriguez diganjar kartu merah oleh wasit karena dianggap melanggar keras Tocatins di luar kotak penalti. Dari tayangan ulang, terlihat bahwa Nick Kuipers yang melanggar Tocatins, dan posisi Tocatins juga dinilai oleh para pemain Persib sudah berada dalam offside.

Meski mendapat protes dari para pemain Persib, wasit tetap teguh kepada keputusannya. Tetapi Barito juga tidak mampu memanfaatkan tendangan bebas hasil dari pelanggaran itu, sepakan Mike Ott masih membentur pagar pemain.

Malapetaka untuk Persib baru terjadi menjelang laga usai, atau tepatnya pada menit ke-90. Dari situasi tendangan sudut, Yuswanto Aditya berhasil menyundul bola kiriman Bayu Pradana untuk menyamakan kedudukan 1-1. Skor itu pun bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Barito Putera vs Persib Bandung

Barito Putera (4-3-3): Ega Rizky; Bagas Kaffa, Muhammad Firly, Renan Alves, Muh Buyung Ismu Lessy; Bayu Pradana, Natanael Siringoringo; Mike Ott; Murilo Mendes, Gustavo Tocantins, Rizky Pora.

Persib Bandung (4-3-3): Kevin Mendoza; Henhen Herdiana, Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, Rezaldi Hehanussa; Dedi Kusnandar, Marc Klok, Stefano Beltrame; Beckham Putra, David Da Silva, Ciro Alves

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.