Sukses

Termasuk Menpora Dito Ariotedjo, Ini 4 Tokoh Olahraga yang Nyaleg di Pemilu 2024

Pesta demokrasi Indonesia kembali digelar pada 2024. Sederet mantan atlet dan tokoh olahraga turut meramaikan jalannya pemilu dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Pesta demokrasi Indonesia kembali digelar pada 2024. Sederet calon wakil rakyat, mulai dari presiden dan wakil presiden hingga anggota legislatif, dipilih melalui Pemilu yang jatuh pada 14 Februari 2024. 

Sejauh ini, kandidat presiden dan wakil presiden menjadi yang paling marak dibahas. Pasalnya berbeda dari Pemilu 2019, pilpres edisi sekarang diramaikan oleh tiga pasangan calon. 

Anies Baswedan dan Muhaimin menjadi pemilik nomor urut 1 di pemilihan presiden 2024. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bergandengan tangan sebagai paslon nomor 2. Sementara itu, Ganjar Pranowo ditemani Mahfud MD maju sebagai calon ketiga.

Namun, di balik semarak pencalonan presiden serta wakil presiden, deretan nama yang mendaftar sebagai calon anggota legislatif di pemilu kali ini sejatinya juga menarik untuk dibahas. 

Sejumlah figur publik nampak turut meramaikan jalannya pemilihan umum dengan mendaftarkan diri menjadi caleg dari partai berbeda.

Nama-nama beken dari dunia olahraga juga tak ketinggalan berpartisipasi untuk dipilih lewat Pemilu 2024. Siapa saja mereka? Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo sebenarnya baru didapuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di kabinet pemerintahan Joko Widodo untuk menggantikan Zainudin Amali pada April 2023.

Kendati begitu, pria berusia 33 tahun rupanya tetap tertarik terjun ke ranah legislatif dengan menjadi caleg di Pemilu 2024.

Tercatat Dito Ariotedjo merupakan caleg DPR dari Partai Golkar. Dia berkompetisi sebagai pemilik nomor urut 1 di daerah pemilihan (dapil) neraka, yakni DKI Jakarta, yang kerap menjadi arena duel pejabat dan artis papan atas.

3 dari 5 halaman

Markus Horison

Markus Haris Maulana alias Markus Horison merupakan nama terkemuka di kancah sepak bola Tanah Air. Dia pernah menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia pada periode 2007 hingga 2012 serta mencatatkan 37 caps. 

Di level klub, Markus Horison juga sempat melanglangbuana di tim-tim Liga Indonesia mulai dari Persiraja Banda Aceh, Arema, Persib Bandung, hingga PSM Makassar. 

Setelahnya, Markus menjabat sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia U-16 pada 2019, sebelum kini terjun ke ranah politik dengan menjadi calon anggota DPRD Kota Bandung dari PDIP dalam Pemilu 2024.

4 dari 5 halaman

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat merupakan salah satu pebulu tangkis tunggal putra legendaris Indonesia. Dia pernah menyabet medali emas Olimpiade 2004 Athena usai mengalahkan wakil Korea Selatan, Shon Seung-mo, di babak final. 

Adapun Taufik saat ini sejatinya belum seratus persen lepas tangan dari kancah badminton Indonesia. Mantan atlet berusia 42 tahun itu ditunjuk jadi mentor tunggal putra jelang Olimpiade Paris 2024.

Kendati demikian, Taufik Hidayat secara umum memang sudah menyibukkan diri di dunia politik. Dia terdaftar sebagai caleg DPR RI dari Dapil Jawa Barat II via Partai Gerindra.

5 dari 5 halaman

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan menjadi nama yang tidak asing di telinga para pecinta klub Liga 1. Dia pernah menukangi tim-tim beken sekelas Persija, Madura United, RANS Nusantara, hingga Barito Putera. 

Adapun sebagai pemain, Rahmad Darmawan juga sempat memperkuat Timnas Indonesia. Dia menjadi penggawa skuad Garuda dari periode 1988 hingga 1994. 

Saat ini Rahmad Darmawan telah memberanikan diri terjun ke kancah politik. Dia tercatat sebagai anggota partai Demokrat dan maju sebagai caleg DPR RI dapil Lampung II di Pemilu 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.