Sukses

Piala Asia 2023: Ribuan Suporter Ramaikan Nobar Australia vs Timnas Indonesia di Kemenpora

Acara nobar di Plaza Kemenpora, Senayan, pada Minggu (28/1/2024) menjadi wadah bagi ribuan supoter Timnas Indonesia untuk menyuarakan dulungan bagi pasukan Garuda yang tengah menantang Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar acara nonton bareng (nobar) terbuka di Plaza Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu (28/1/2024) sore WIB.

Agenda ini menjadi wadah bagi ribuan supoter Timnas Indonesia untuk menyuarakan dulungan bagi pasukan Garuda yang tengah menantang Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. 

Keberhasilan Merah Putih melaju ke fase knock-out memang menjadi momen spesial bagi para pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, ini merupakan kali pertama Timnas Indonesia mampu melewati fase grup dari total 5 kali keikutsertaan di Piala Asia. 

Salah satu suporter skuad Garuda, Ulfa Gusti (29), mengaku antusias menyaksikan jalannya pertandingan Jepang vs Timnas Insonesia pada Minggu (28/1/2024). 

Meski tak bisa menyaksikan langsung di stadion, acara nobar di Kemenpora dinilai menjadi wadah bagus buat para penggemar  merasakan semarak dan atmosfer perhelatan Piala Asia 2023

"Menurut saya nobar ini membantu para suporter yang ingin merasakan atmosfer mendukung timnas. Apalagi ini merupakan sejarah baru, di mana Indonesia berhasil lolos ke babak gugur untuk pertama kalinya," ucap Ulfa kepada Liputan6.com, Minggu (28/1/2023) sore WIB. 

"Berharap sekali Indonesia bisa menang atas Australia (di babak 16 besar Piala Asia). Meskipun sulit, semoga setidaknya bisa cetak satu gol ke gawang (Australia)," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Realistis

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong cukup realistis mengomentari prospek anak-anak asuhnya di laga melawan Australia. 

Meski mengharapkan keajaiban, juru taktik asal Korea Selatan tak menampik bahwa Socceroos merupakan pesaing yang terlampau sulit untuk dihadapi skuad Garuda. 

"Pertandingan (16 besar Piala Asia) tidak akan mudah buat kami. Apalagi Australia adalah salah satu tim terkuat di Piala Asia 2023, mereka punya kekuatan dan power yang bagus," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (27/1/2024). 

"Akan tetapi, kami juga sudah bersiap dengan baik dan kami akan menunjukan energi yang bagus dari para pemain muda. Semoga kami bisa menampilkan yang terbaik (di laga melawan Australia)," tambahnya.

3 dari 3 halaman

STY Komentari Prospek Tantang Korea Selatan

Adapun Timnas Indonesia bisa saja menghadapi Korea Selatan apabila tembus ke babak perempat final Piala Asia. Mantan tim binaan Shin Tae-yong dijadwalkan bersua dengan Arab Saudi di babak 16 besar. 

Menanggapi hal ini, STY mengakui nyaris mustahil buat Indonesia melewati adangan Socceroos. Walau begitu, dia masih berharap ada peluang anak-anak asuhnya bersua dengan Taeguk Warriors di 8 besar. 

"Sejujurnya, saya tidak berpikir kami punya peluang untuk mengalahkan Australia. Ball posesion kami mungkin cuma 70-30, 70 Australia, 30 Indonesia," ucap Shin Tae-yong pada Sabtu (27/1/2024). 

"Akan tetapi, Korea vs Arab SAudi akan jadi 60-40, Korea punya sedikit keunggulan. Namun, saya tetap berharap, saya bisa bermain melawan Korea Selatan (dengan Timnas Indonesia) di babak perempat final," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.