Sukses

Menpora Bangga Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Yakin Bisa Melaju Lebih Jauh

Menpora mengapresiasi perjuangan luar biasa timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dito juga yakin timnas bila terus melaju di Qatar.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo bangga dengan kesuksesan timnas Indonesia menorehkan sejarah lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Dito yakin timnas Indonesia masih bisa melangkah lebih jauh meski sudah ditunggu Australia.

Seperti diketahui timnas Indonesia untuk pertama kali dalam sejarah bisa meraih tiket ke babak 16 besar Piala Asia. Pasukan Shin Tae-yong menjadi salah satu peringkat tiga terbaik berkat bantuan Kirgistan yang menahan imbang Oman.

Kepastian Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 baru didapat pada Kamis (25/1/2024) malam WIB usai Kirgistan bermain imbang 1-1 dengan Oman. Andai Oman yang menang maka Indonesia akan gagal menjadi salah satu peringkat tiga terbaik.

Dari lima kali ikut Piala Asia, baru kali ini Indonesia bisa melangkah lebih dari fase grup. Dalam empat keikutsertaan sebelumnya di Piala Asia, Skuad Garuda selalu gugur di fase grup yakni pada tahun 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Dito pun bersyukur Indonesia bisa mengukir sejarah di Qatar. Politisi Partai Golkar itu mengapresiasi para pemain dan juga PSSI yang sudah melakukan pembenahan.

"Alhamdullillah lolos karena Kirgistan. Ini sejarah dan akhirnya kita lolos babak 16 besar. Ini hasil yang menggembirakan dan pencapaian luar biasa," kata Menpora Dito di Gedung Kemenpora, Jumat (26/1/2024) siang WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Menpora untuk Kesuksesan Timnas Indonesia

"Saya rasa bisa kita akui prestasi Timnas. Lihat permainannya saja sudah semakin baik, karena di pemerintahan Jokowi, kami selalu mendukung transformasi sepakbola. Bukan hanya bola tapi semua olahraga juga kami dukung untuk membawa Merah Putih dan semakin bangga lagi."

"Saya apresiasi kepada seluruh anggota Timnas, baik itu pemainnya, pelatih, stakeholder juga. Tak lupa PSSI yang selalu mentrasnformasi pengelolaan sepakbola Indonesia," sambung Menpora Dito.

3 dari 3 halaman

Keyakinan Menpora Soal Perjalanan Timnas Indonesia di Qatar

Di babak 16 besar Indonesia akan bertemu lawan berat lagi yakni Australia. Posisi Indonesia lagi-lagi tidak diunggulkan. Namun Dito tetap optimistis Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan bisa melangkah lebih jauh lagi di Piala Asia 2023.

"Walaupun yang dihadapi Australia, itu sangat berat, tapi saya yakin kalau ada jalannya pasti ada kemenangan. Ini Kemenpora Minggu rencana mengadakan nobar di lapangan, terbuka untuk umum. Silakan datang ke sini, Insyaallah seru."

Dito memprediksi Indonesia bisa mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0. "Ya 1-0 yang penting menang gak masalah, atau minimal seri itu wah bagus sekali. Semoga bisa lolos ke 8 besar, ini suatu pasti akan menjadi suntikan positif lagi untuk olahraga Indonesia," imbuh Dito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.