Sukses

Prediksi Piala Asia 2023 Vietnam vs Timnas Indonesia: Duel Hidup-Mati Dua Negara Asia Tenggara

Vietnam dan Timnas Indonesia sama-sama perlu kemenangan saat berduel di matchday kedua Piala Asia 2023 nanti malam.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia dan Vietnam akan melakoni laga hidup-mati di Grup D Piala Asia 2023 pada Jumat (19/1/2024) malam WIB. Kedua negara Asia Tenggara itu perlu meraih kemenangan pada laga yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium untuk menjaga asa melaju ke babak selanjutnya.

Baik Indonesia maupun Vietnam sama-sama menelan kekalahan pada lag pertama di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia keok 1-3 saat berjumpa Irak. Sedangkan Vietnam tak kuasa membendung calon juara Jepang. Sempat membuat kejutan unggul 2-1, Vietnam akhirnya menyerah 2-4.

Laga kedua ini menjadi duel hidup-mati bagi Indonesia dan Vietnam. Kemenangan wajib diraih bila ingin menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Untuk melaju ke babak berikutnya, bisa dengan finis di urutan satu dan dua Grup D atau dengan menjadi salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Siapapun yang kalah nanti malam bakal game over dan tidak akan bisa melaju ke babak selanjutnya.

Kondisi ini membuat kemenangan nanti malam begitu krusial. Timnas Indonesia pun siap mati-matian dengan mengalahkan Vietnam. Pelatih Shin Tae-yong menyadari betul kemenangan menjadi harga mati di laga kedua Piala Asia 2023 ini.

"Buat Indonesia, juga Vietnam, kami sudah lama saling berhadapan, bukan cuma di Piala Asia ini, tapi juga di Kualifikasi Piala Dunia," kata Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam jumpa pers pada Kamis (18/1/2024).

"Kami sama-sama kalah di pertandingan pertama, jadi pertandingan ini sangatlah penting buat kedua tim. Kedua tim akan sangat menginginkan kemenangan besok."

Saking pentingnya duel melawan Vietnam, bek timnas Indonesia Jordi Amat menggambarkannya seperti perang bagi kedua tim. Jordi Amat juga menegaskan keyakinannya Indonesia akan bisa meraih kemenangan saat bersua Vietnam.

"Yah, ini akan jadi pertandingan yang sangat berat. Ini pertandingan yang sangat penting buat Indonesia, kami tahu ini akan jadi sebuah peperangan di lapangan. Kedua tim, seperti yang disampaikan pelatih, menginginkan kemenangan. Jadi kami perlu tampil baik dan saya yakin kami bisa melakukannya besok," tutur Jordi Amat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Timnas Indonesia dan Vietnam

Menghadapi Vietnam, STY masih akan mengandalkan Yakub Sayuri dan Marselino Ferdinan. Keduanya bermain bagus saat kalah dari Irak 1-3. Yakub kerap merepotkan Irak dengan penetrasinya. Sebuah tusukan maut Yakub membuat Indonesia bisa mencetak satu gol lewat sontekan Marselino.

Perubahan kemungkinan akan dilakukan di pos bek kanan. Pemain naturalisasi Sandy Walsh bisa menjadi starter. Walsh mampu tampil menjanjikan saat dimasukkan STY di menit akhir pertandingan melawan Irak.

Untuk lini tengah, duet Ivan Jenner dan Justin Hubner rasanya tidak akan tergantikan. Meski kalah 1-3, keduanya tampil bagus sehingga membuat eks pemain Manchester United yang membela Irak, Zidane Iqbal, mati kutu.

Di kubu Vietnam, pelatih Phillipe Troussier bakal mengandalkan Pham Tuan Hai yang sukses mencetak gol saat melawan Jepang. Vietnam. Pemain muda Nguyen Dinh Bac juga wajib diwaspadai Indonesia. Dia begitu tenang saat melawan Jepang meski baru 19 tahun.

Nguyen Dinh Bac mendapat durian runtuh bisa membela Vietnam karena banyaknya pemain langganan yang terpaksa absen di Piala Asia 2023 karena sedang cedera. Ada 10 pemain andalan Vietnam yang tak dibawa akibat cedera seperti Dang Van Lam, Nguyen Tien Linh dan kapten Que Ngoc Hai.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

Vietnam: Filip Nguyen; Nguyen Thanh Bình, Phan Tuan Hai, Bui Hoang Viet Anh; Phạm Xuan Mạnh, Vo Minh Trong, Do Hung Dung, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Dinh Bac; Pham Tuan Hai

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho; Pratama Arhan, Sandy Walsh, Ivan Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan; Yakub Sayuri, Rafael Struick

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.