Sukses

Final Piala Super Spanyol Real Madrid vs Barcelona: Xavi Bingung Pilih Joao Felix atau Lamine Yamal Jadi Starter

Xavi Hernandez masih bingung untuk memilih siapa yang jadi starter di posisi sayap kanan untuk menggantikan Raphinha yang cedera. Dia punya dua kandidat potensial yaitu Joao Felix dan Lamal Yamine.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona mempertaruhkan asa untuk meraih gelar pertama musim ini saat melawan Real Madrid di final Piala Super Spanyol di stadion King Saud University, Arab SAudi, Senin (15/1/2023) mulai pukul 02.00 WIB. Barca berhasil lolos ke final usai mengalahkan Osasuna 2-0.

Sedangkan Madrid lolos ke final lewat drama 8 gol lawan tim tetangga Atletico Madrid. Real Madrid segel tiket ke final dengan kemenangan 5-3 lewat perpanjangan waktu.

Menghadapi duel sulit ini, Xavi Hernandez dilanda kebingungan dalam memilih pemain. Soalnya winger kanan Raphinha cedera jelang laga ini.

Pelatih Barcelona itu punya dua kandidat sebagai pengganti yaitu Lamine Yamal dan Joao Felix. Kedua pemain ini sama-sama hebat sehingga Xavi bingung untuk memilihnya.

Xavi harus memilih salah satunya karena dia ogah memainkan keduanya secara langsung. Eks playmaker Barcelona ini memberi sinyal akan memilih Lamine Yamal dulu.

"Apa yang saya minta dari Lamine Yamal? Saya ingin dia percaya diri, tak peduli siapa yang main jadi starter. Dia harus menunjukkan bakat dan karakternya," kata Xavi seperti dikutip sport.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Pecahkan Rekor

Di usia 16 tahun, Lamine Yamal sudah banyak pecahkan rekor. Dia bahkan sudah membela timnas Spanyol dan juga menjadi pencetak gol paling muda.

Dia mencetak gol saat melawan Osasuna. Ini menjadikan dia sebagai pencetak gol termuda di Piala Super Spanyol.

Kini, dia bisa menjadi pencetak gol termuda di El Clasico kalau bobol gawang Real Madrid. Bisakah dia melakukannya?

 

3 dari 4 halaman

Xavi Paksakan Alejandro Balde Main?

 

Barcelona sebenarnya dalam kondisi krisis pemain menghadapi duel klasik sebesar lawan Real Madrid. Marc Andre Ter Stegen, Gavi, Inigo Martinez dan teranyar Joao Cancelo masuk daftar cedera.

Alejandro Balde yang main di posisi bek kiri sempat mengalami cedera punggung saat lawan Osasuna. Namun Xavi yakin Balde akan kuat menahan rasa sakit.

"Lawan Osasuna, punggung Balde terasa sangat sakit. Namun dia punya karakter untuk tahan rasa sakit. Dia banyak memberi kami, Madrid juga akan awasi dia karena kami punya potensi di sayap kiri," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Duel Spesial bagi El Capitan Sergi Roberto

 

Duel final nanti bakal terasa spesial bagi Sergi Roberto. Dia akan melakoni duel ini sebagai kapten yang sudah ditinggalkan Sergio Busquets.

Dia belum pasti jadi starter. Namun Xavi akan memainkan dia sebagai pemain cadangan.

"Saya ingin memenangkan gelar. Ini tentu bakal spesial bisa mengangkat trofi sebagai kapten," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.