Sukses

Shin Tae-yong Ungkap Arti Penting Laga Uji Coba Timnas Indonesia vs Libya Jelang Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai laga kontra Libya memiliki arti penting tersendiri bagi skuad racikannya. Selain menjadi ajang pemanasan menyambut Piala Asia, duel kali ini juga merupakan sarana untuk mengukur kemampuan tim sekaligus mengontrol kondisi pemain.

Liputan6.com, Jakarta Persiapan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023 Qatar memasuki babak baru. Pasukan Garuda dijadwalkan menjalani laga uji coba melawan Libya di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa (2/1/2024).

Sekadar informasi, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sebelumnya memang telah menghabiskan waktu di Turki untuk menjalani pemusatan latihan sebagai sarana persiapan menuju AFC Asian Cup awal tahun ini.

Skuad Garuda tercatat bertolak dari Tanah Air pada 20 Desember lalu dan akan melanjutkan proses pemantapannnya di Turki hingga 6 Januari mendatang.

Pertandingan melawan Libya pun menjadi salah satu agenda yang akan dilakoni Timnas Indonesia di sela-sela TC. Pasukan Merah Putih akan bertarung dua kali dengan lawan yang sama, masing-masing pada 2 serta 5 Januari 2024.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai laga kontra Libya memiliki arti penting tersendiri bagi skuad racikannya. Selain menjadi ajang pemanasan menyambut Piala Asia, duel kali ini juga merupakan sarana untuk mengukur kemampuan tim sekaligus mengontrol kondisi pemain.

"Jadi (melalui uji coba ini) kami bisa bisa kontrol kondisi pemain. Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia. Segala sesuatunya akan difokuskan ke situ," ucap Shin Tae-yong jelang laga melawan Libya, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Timnas Indonesia Lawan Libya

Sementara itu, terkait latar belakang memilih Libya sebagai lawan uji coba jelang Piala Asia, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku pihaknya tak punya alasan khusus.

Negara itu memang tersedia untuk diajak bertanding dan rela melakukan perjalanan dari Afrika menuju Turki. Di atas kertas, Libya juga memiliki ranking FIFA yang lebih baik ketimbang Skuad Garuda.

Situs resmi FIFA mencatat Libya menempati posisi 120 per 21 Desember 2023, sedangkan Timnas Indonesia masih terkunci di urutan 146.

"Sebetulnya tidak ada alasan khusus memilih Libya. Memang di tahun baru ini susah mencari lawan tanding, tapi Libya sebagai tim dari Afrika mau datang untuk melawan kita di Turki di tanggal 2 dan 5 Januari ini," ucap Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Hadapi Iran di Laga Uji Coba Pemungkas

Adapun Timnas Indonesia tak akan berhenti usai melawan Libya dalam laga uji coba di Turki awal Januari 2024. Pasukan Garuda masih akan mengetes kekuatan sekali lagi lewat pertandingan melawan Iran di Qatar.

Skuad racikan Shin Tae-yong dijadwalkan menghadapi lawan kedua pada 9 Januari mendatang. Setelahnya, Timnas Indonesia akan fokus mengarungi persaingan fase grup Piala Asia 2023.

Marc Klok dan kawan-kawan tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Vietnam, serta Irak. Mereka akan memulai perjuangannya dengan menghadapi Irak dalam laga perdana, Senin (15/1/2024) di Ahmed bin Ali Stadium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.