Sukses

Strategi Kacau, Pemain Manchester United Ini Dituding Jadi Biang Kerok Kekalahan Lawan Nottingham Forest

Ten Hag menerapkan strategi kacau dalam pergantian pemain sehingga membuat Manchester United menelan kekalahan kesembilan di Liga Inggris musim ini. Kali ini, Nottingham Forest yang melakukannya.

Liputan6.com, Manchester- Manchester United menelan kekalahan ke-9 di Liga Inggris usai keok 1-2 atas Nottingham Forest di stadion The City Ground, Sabtu atau Minggu (31/12/2023) dini hari WIB. MU sempat samakan skor lewat Marcus Rashford, tapi dua gol dari Nicolas Dominguez dan M Gibbs White pastikan kekalahan Setan Merah.

Legenda Man Utd Peter Schmeichel juga turut buka suara terkait hasil buruk yang dialami mantan klubnya. Dia menilai kekalahan Manchester United lebih disebabkan oleh strategi kacau yang ditunjukkan oleh Erik Ten Hag.

Schmeichel menyayangkan Ten Hag memutuskan untuk menggantikan Kobbie Mainoo di babak kedua. Pemain ini sudah tampil bagus tapi diganti Scott McTominay di babak kedua dengan harapan bisa cetak gol kejutan.

Padahal Kobbie Mainoo tampil luar biasa di babak pertama. Dia membantu redam ancaman-ancaman yang dilakukan pemain Nottingham Forest dari lini tengah.

Masuknya Scott McTominay justru jadi blunder. Dia dinilai menjadi biang kerok dari serangan Nottingham Forest yang berujung menjadi dua gol ke gawang MU.

"Ten Hag membuat pergantian pemain. Saya pikir itu sudah memberi pengaruh besar kepada pertandingan. Ya seperti saya bilang sebelumnya, saya bisa paham Anda ingin mainkan McTominay tapi bukan untuk gantikan Mainoo," ujar mantan kiper legendaris Man Utd ini seperti dikutip Metro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kobbie Mainoo Sudah Bagus Redam Serangan Nottingham Forest

 

Schmeichel heran mengapa Ten Hag tarik keluar Kobbie Mainoo. Padahal pemain ini bekerja keras redam serangan Nottingham.

"Pemain yang diganti itu Mainoo yang sudah main sangat bagus dan tampil oke. Dia mengontrol bagian tengah lapangan dengan sangat, sangat baik," kata Schmeichel.

"Tak ada gunanya untuk melakukan pergantian itu saat Anda punya pemain lain yang tak bagus di lapangan. Saya pertanyakan pergantian pemain itu dan bagaimana dampaknya kepada tim."

 

3 dari 5 halaman

Ten Hag Tak Harus Ganti Pemain Terlalu Cepat

Schmeichel heran mengapa Ten Hag terburu-buru untuk ganti pemain. Komposisi yang diturunkan Ten Hag selalu berubah-ubah tiap pekaknnya.

Scott McTominay yang biasanya starter jadi cadangan. Sedangkan Antony yang banyak mendapatkan kecaman malah jadi starter dan akhirnya diganti juga di babak kedua.

"Mengapa Anda harus mengganti pemain di awal babak dua? Apakah itu karena Anda ingin melakukan 3 pergantian pemain di babak kedua. Anda tak bisa hanya ganti dua pemain? Apakah itu?

 

4 dari 5 halaman

Ten Hag Ganti Pemain yang Salah

 

Scmeichel menilai pergantian pemain yang dilakukan Ten Hag tak memberi pengaruh. Seharusnya, dia membiarkan pemain berpengaruh tetap di lapangan.

"Apakah Ten Hag bermaksud untuk mengubah situasi? Kalau Anda ingin mengubah situasi, Anda membiarkan pemain berpengaruh di lapangan. Itu akan berpengaruh besar di permainan," ujarnya.

 

5 dari 5 halaman

Ten Hag Beri Cari Jalan Pintas Saja

 

Komentar yang sama juga diungkapkan eks Nottingham Forest, Stuart Pearce. Dia menilai Ten Hag seperti ingin mencari jalan pintas saja untuk menang.

"Saat pergantian pemain dilakukan dan Anda menarik pemain muda keluar yang saya pikir tidak main buruk, buat saya itu pesan buruk," ujarnya.

"Kobbie Mainoo pemain yang bersinar, tapi dia keluar. Itu jadi pesan kalau Ten Hag ingin cari mudahnya saja."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.