Sukses

Liga Pelajar Bola Basket Bakal Digelar di Yogyakarta

Liga basket untuk pelajar sedang digodok dan akan dimulai kemungkinan pada tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Geliat bola basket yang sedang meningkat sejak Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Di tingkat usia dini juga semangatnya tak kalah. Liga basket pelajar tingkat SD dan SMP sedang digagas di Yogyakarta.

Rencana Liga Basket Pelajar SD dan SMP ini mencuat dalam rangkaian kegiatan PEAK Roadshow bersama tokoh basket Nasional Ary Sudarsono di Kota Yogyakarta berakhir dengan melakukan kunjungan ke Sekolah Budi Utama.

Dihadiri oleh para siswa SD, SMP, SMA dan perwakilan orang tua murid dan guru disekolah Budi Utama Jogja, Ary Sudarsono, mantan wasit FIBA Internasional, memberikan motivasi lewat pengalamannya di dunia basket dan pendidikan, dengan harapan generasi muda Indonesia menjadi karakter manusia basket Indonesia yang lebih baik lewat media olahraga dan budaya.

"Kami berterima kasih atas kehadiran PEAK Region Indonesia bersama legenda basket Indonesia Ary Sudarsono hadir ke sekolah kami untuk memberikan spirit dan wejangan. Sesuai visi sekolah Budi Utama yang mengajarkan karakter kepada setiap para siswanya secara optimal dan terpadu, sehingga menjadi manusia yang berbudi utama.Karena karakter merupakan salah satu pondasi utama untuk membentuk kepribadian manusia yang bagus. Semoga motivasi tersebut membawa dampak positif sekaligus menambah wawasan bagi siswa Budi Utama," kata Fendy, perwakilan sekolah Budi Utama dalam sambutannya, Senin (18/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai di Yogyakarta

Dukungan untuk menyebarkan kebaikan kepada generasi muda Indonesia lewat olahraga juga menjadi perhatian produsen sepatu dan apparel sport internasional PEAK Sport Region Indonesia. Hendarto Tjai selaku CEO PEAK Indonesia menyambut baik kegiatan ini dan berharap Kota Yogyakarta akan menjadi pelopor dimulainya liga SD dan SMP yang mengajarkan manusia basket Indonesia yang unggul dan mempunyai karakter yang baik di segala bidang.

"PEAK Sport Region Indonesia rencananya akan mendukung adanya kompetisi basket SD, SMP yang akan digagas oleh Rachmad Kasim Martadji dan Ary Sudarsono di Kota Yogya. Yang terpenting bukan kompetisi atau liganya. Tapi kami ingin mendidik pebasket usia dini dengan mengajarkan nilai dan karakter luhur yang akan menjadi bekal mereka kedepannya. Saya yakin setelah ini akan muncul stakeholder lainnya yang mau terlibat membesarkan liga pelajar di Kota Yogya," ujar Hendarto Tjai.

3 dari 3 halaman

Gagasan Besar Ary Sudarsono

"Dalam waktu dekat kami akan menggulirkan suatu konsep liga pelajar, SD, SMP dan Mahasiswa. Saya akan mulai dari kota Yogya karena  Kota ini mempunyai nilai historis, selain pernah sebagai ibukota negara di jamannya. Yogya juga merupakan Kota Pelajar. Kami ingin mengajarkan dan membentuk karakter generasi milenial dan gen Z yang berkepribadian baik," tutur Ary Sudarsono.

"Gagasan besar kita adalah Save Our Nation Through Basketball" dan semboyan kami Bola Basket Permainanku, Sekolah Nomor Satu. Gerakan pertama kami awal 2024 adalah mengumpulkan gathering orang tua murid dan guru di Yogya dan semoga bisa dilaksanakan di Sekolah Budi Utama," tutup Ary Sudarsono, yang mendapat julukan Peluit Emas saat masih aktif menjadi wasit FIBA Internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.