Sukses

Ducati Tak Menampik Kemungkinan Marc Marquez Gabung Tim Pabrikan di MotoGP 2025, Asal...

Ducati mengatakan peluang semua pembalap untuk gabung tim pabrikan terbuka, apalagi pembalap juara seperti Marc Marquez. Tapi?

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez saat ini gabung dengan tim satelit Gresini Ducati pada MotoGP 2024. Dia pun digadang bisa gabung dengan tim pabrikan Ducati Lenovo pada MotoGP 2025.

Direktur Sport Ducati, Paolo Ciabatti pun mengakui kalau kemungkinan Marquez gabung Ducanti Lenovo pada 2025 bisa terjadi. Namun masalah uang bakal menjadi ganjalan.

"Karena kami belum membicarakan siapa pembalap di 2025, saya bisa bilang tanpa masalah kalau Marc Marquez itu salah satu kandidat gabung tim pabrikan," kata Ciabatti seperti dikutip GPOne.

"Tentu ada aspek penting yang harus digarisbawahi, yaitu dalam hal aspek ekonomi karena kita tidak lagi di masa sebelum Covid, dimana pembalap seperti dia bisa mendapatkan gaji super besar."

Motivasi Marquez untuk gabung Gresini Ducati bukanlah uang. Bahkan ada rumor yang menyebutkan Marquez gabung Gresini dengan gratis.

Namun Marquez menegaskan kalau rumor dirinya membalap di Gresini Ducati dengan gratis sebagai sebuah kebohongan. Meskipun, dia kini tak mungkin lagi mendapatkan kontrak super mewah seperti di Honda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ducati Sudah Pikirkan Semua Risiko

 

Ciabatti mengatakan, Ducati sudah memikirkan seluruh risiko kehilangan pembalap pada MotoGP 2025. Itu juga termasuk dengan Marc Marquez.

"Tentu. Risiko itu ada dan kami juga sadar dengan itu," katanya.

"Saya pikir misalnya Jorge Martin. Bakat seperti dia, kalau tidak gabung tim pabrikan, dia bisa menarik minat tim lain. Tapi dia bukan satu-satunya."

 

3 dari 5 halaman

Ducati Bangga Bisa Dipilih Marquez

Marquez mengaku Ducati sangat bangga bisa dipilih Marquez untuk menjadi kelanjutan kariernya.

"Buat kami, ini semacam pengakuan dari kerja yang sudah kami lakukan. Faktanya Ducati memang motor terbaik di MotoGP," ujarnya.

"Marc itu seorang pemenang, gelar juaranya memperlihatkan itu, karena itu, kalau dia pilih Ducati berarti dia ingin menang lagi."

 

4 dari 5 halaman

Ducati Bikin Simulasi untuk Marquez, Bisa Juara?

 

Ducati diam-diam berharap banyak dengan pembalap anyar mereka di dalam "gerbong", Marc Marquez. Dikabarkan, Ducati sampai membuati simulasi ilmiah yang bisa memprediksi bagaimana peluang juara Marc Marquez di MotoGP 2024.

CEO Ducati Claudio Domenicali membenarkan hal tersebut. Menurut dia, Ducati menggunakan data-data yang diraih Marquez pada tes MotoGP Valencia untuk mengukur seberapa jauh peluang jadi juara.

"Ya kami memang hampir melakukan simulasi ilmiah," kata Claudio Domenicali seperti dikutip La Repubblica.

"Kami membandingkan data dia dengan yang dimiliki adiknya Alex Marquez, yang sudah satu musim dengan Ducati. Tapi saya tak akan beber hasilnya meski Anda paksa..." dia menambahkan.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Juara MotoGP 2024 Versi Bos Ducati

 

Ducati menanti 15 tahun untuk merasakan kembali gelar juara MotoGP pada 2022. Itu diraih oleh Pecco Bagnaia, pembalap Ducati Lenovo yang mengulangi prestasinya pada MotoGP 2023.

Ducati diprediksi mendominasi MotoGP 2024 lagi. Dan para pesaing juara semuanya ada di Ducati tapi berada di tim berbeda.

"Saya menjagokan Pecco. Dia orang Italia dan dia membalap tim pabrikan, ada empati khusus dengan dia," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.