Sukses

Hasil BRI Liga 1: Drama Warnai Kemenangan PSIS Semarang atas PSS Sleman, Bhayangkara Tahan Imbang Persikabo

Liputan6.com, Jakarta - PSIS Semarang meraup poin penuh saat menjamu PSS Sleman dalam pekan ke-21 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Jatidiri, Minggu (3/12/2023) sore WIB. 

Duel yang diwarnai drama suporter jelang pengujung laga itu berakhir dengan 1-0 untuk keunggulan tuan rumah berkat penalti Carlo Fortes pada menit 45+3.

Drama jual beli serangan langsung mewarnai jalannya babak pertama duel PSIS Semarang vs PSS Sleman. Tim tuan rumah tampil agresif dan beberapa kali mencoba mengeksplotasi lini pertahanan tamunya. 

Akan tetapi, alih-alih mendapat gol, pemain PSIS Semarang justru mendapat kartu kuning pertama. Alfeandra Dewangga melakukan tekel berbahaya pada Jonathan Bustos yang membuatnya diganjar tanda peringatan. 

Kebuntuan belum terpecah hingga menit 25. Esteban Vizcarra mencoba peruntungan untuk menjebol gawang PSIS di menit 26, tetapi serangannya kurang akurat. Upaya Jihad Ayoub mengirim di menit 36 juga tak berbuah manis. Bola terlambat direspon oleh Vizcarra, meski ia sejatinya berada di posisi ideal dekat gawang 

Memasuki menit-menit akhir, giliran PSIS Semarang yang mengirim serangan bertubi-tubi ke lini belakang PSS Sleman. Vitinho melepas tembakan dari luar kotak penalti, tapi masih terlalu lemah. Wahyu Prasetyo juga nyaris menciptakan gol spektakuler. Namun, bolanya memantul di tiang dan mistar gawang 

Barulah pada menit 45+3, tuan rumah berhasil memecah kebuntuan. Pelanggaran yang dilakukan Thales terhadap Carlos Fortes berbuah hadiah tendangan penalti bagi PSIS. Fortes yang menjadi eksekutor sukses menunaikan tugasnya dengan baik.  Skor 1-0 untuk keunggulan PSIS bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua PSIS Semarang vs PSS Sleman

PSS Sleman berupaya mengejar ketertinggalan di babak kedua. Sejumlah perubahan pun dilakukan, tetapi belum ada gol penyeimbang yang sanggup diciptakan hingga menit 70. 

Hokky Caraka sempat mencoba peruntungan untuk membobol gawang Ady Satryo di menit 79. Ia hendak mengeksekusi umpan Abduh Lestaluhu dengan heading, tetapi upaya itu gagal dikonversi menjadi gol. 

Tak ada perubahan signifikan yang terjadi di pengujung babak kedua. Peluang demi peluang yang didapat gagal dimaksimalkan oleh kedua tim. 

Drama mewarnai jalannya duel  PSIS vs PSS mendekati ujung. Pemain berhamburan menyusul adanya aksi saling lempar yang dilakukan suporter. Pendukung tim tamu hadir ke stadion, meski regulasi tidak memperbolehkan adanya suporter tandang. Hal ini rupanya memantik emosi para penggemar PSIS. 

Laga akhirnya terpaksa disudahi buntut dari kejadian tersebut. PSIS Semarang menang tipis 1-0 berkat gol penalti Carlos Fortes.

Susunan Pemain 

PSIS Semarang: Adi Satryo; Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Lucao, Giovani Numberi; Paulo Gali, Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra, Vitinho; Carlos Fortes, Taisei Marukawa

PSS Sleman: Anthony Pinthus; Muhammad Abduh Lestaluhu, Nur Diansyah, Thales, Bayu Setiawan; Elvis Kamsoba, Jihad Ayoub, Wahyudi Hamisi, Esteban Vizcarra; Jonathan Bustos, Hokky Caraka

3 dari 4 halaman

Hasil Persikabo 1973 vs Bhayangkara FC

Sementara itu di lokasi berbeda, Persikabo 1973 yang menyandang status sebagai tuan rumah juga berhasil unggul lebih dulu atas Bhayangkara FC.

Gol Myat Kaung Khant pada injury time babak pertama mengantar Persikabo memimpin 1-0 saat turun minum di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (3/12/2023) sore WIB. 

Bhayangkara FC langsung menggempur pertahanan tuan rumah pasca jeda. Gol cepat tercipta pada menit 48 lewat aksi Junior Brandao, sebelum digandakan oleh pemain yang sama 6 menit berselang. 

Malang keunggulan The Guardian tak bertahan lama. Frengky Missa membuat kedudukan kembali seimbang lewat golnya pada menit 67.

Bhayangkara FC kehabisan waktu untuk mengejar ketertinggalan. Skor imbang 2-2 tak berubah hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Susunan Pemain

Persikabo 1973: Husna Al Malik Riwani Saputra; Syahrul Lasinari, Didik Wahyu, Andy Setyo; Lucky Oktavianto, Manahati Lestusen, Keven Aleman, Pedrinho, Frengky Missa; Myat Kaung Khant, Pedro 

Bhayangkara FC: Muchamad Aqil Savik; Putu Gede, Anderson Salles, Marcelo Herrera, Andik Rendika Rama; Reza Kusuma, Zulfahmi Arifin; Witan Sulaeman, Matias Mier, Osvaldo Haay; Junior Brandao

4 dari 4 halaman

Peta Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.