Sukses

Punya Pandangan Berbeda, Erik Ten Hag Tolak Wujudkan Keinginan Fans Manchester United

Erik ten Hag menolak keinginan sebagian besar fans Manchester United. Pria Belanda itu malah pasang badan.

Liputan6.com, Jakarta- Fans Manchester United semakin gerah dengan kinerja kiper Andre Onana. Banyak pendukung MU mengutarakan di media sosial agar manajer Erik ten Hag mau mengganti kiper utama Andre Onana dengan penjaga gawang pelapis Altay Bayindir.

Andre Onana membuat kesal fans MU dengan kinerjanya yang begitu buruk sejak dibeli mahal dari Inter Milan di bursa transfer musim panas 2023. Onana kerap membuat blunder fatal yang menyebabkan MU menelan kekalahan.

Yang terbaru, Onana melakukan kesalahan konyol dua kali kala MU melawan Galatasaray di Liga Champions. Onana tak mampu membendung tendangan bebas Hakim Ziyech dua kali meski tidak terlalu keras. Akibat blunder Onana, MU gagal menang dan dikejar Galatasaray sehingga harus puas imbang 3-3 pada pertengahan pekan ini.

Gawang Man Utd juga menjadi begitu sering kebobolan musim ini sejak Onana didapuk menjadi pengganti David de Gea. Onana kebobolan 33 gol dari 20 penampilan awal bersama MU di berbagai ajang.

Akibat seringnya Onana blunder, MU kini diujung tanduk tersingkir dari fase grup Liga Champions. Mereka menjadi juru kunci Grup A dengan tersisa satu pertandingan lagi dimana Setan Merah harus bertemu Bayern Munchen.

Usai blunder kontra Galatasaray, fans MU ramai menyuarakan agar Ten Hag mau memarkir Onana sementara waktu dan memberikan kesempatan kepada Bayindir unjuk gigi. Sejak direkrut dari Fenerbahce musim panas lalu, Bayindir belum pernah debut bersama MU. Selalu Onana yang diturunkan Ten Hag.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ten Hag Pasang Badan untuk Onana

Namun keinginan fans MU ini bakal sulit terwujud dalam waktu dekat. Ten Hag punya pandangan berbeda. Pria Belanda itu malah membela Onana mati-matian. Menurutnya Onana merupakan kiper terbaik kedua di Liga Inggris saat ini sehingga tak perlu dicadangkan.

“Jika Anda menganalisisnya dengan baik maka Anda akan melihat Onana adalah penjaga gawang terbaik kedua di Liga Premier berdasarkan statistik,” kata Ten Hag kepada wartawan, JUmat (1/12/2023) dalam jumpa pers jelang laga melawan Newcastle United di Liga Inggris.

3 dari 6 halaman

Di Mata Ten Hag, Onana Tak Tergantikan di MU

Eks pelatih Ajax Amsterdam itu malah merasa kinerja Onana sejak dibeli MU sangat baik. Ten Hag belum berpikir mengganti pemain 27 tahun itu dengan Bayindir.

“Kemampuannya melakukan pencegahan terjadinya gol adalah yang terbaik kedua di Liga Premier. Dia melakukannya dengan baik tetapi dia tahu bahwa di Liga Champions dia telah melakukan beberapa kesalahan. Namun secara keseluruhan dalam lima bulan pertama, dia melakukannya dengan baik."

4 dari 6 halaman

Onana Bakal Main Terus di MU

Onana pun hampir pasti akan kembali dipercaya Ten Hag sebagai starter saat MU dijamu Newcastle padalanjutan Liga Inggris di Stadion St James Park akhir pekan ini.

"Anda telah melihat bagaimana dia bereaksi terhadap penampilan buruk seperti yang dia lakukan setelah Munchen. Di Burnley, dia luar biasa. Dia memiliki karakter yang kuat, dia memiliki kepribadian dan dia akan menghadapinya," imbuh Ten Hag.

5 dari 6 halaman

Statistik Onana Bersama Manchester United di Liga Premier Inggris

Statistik di Liga Premier yang dimiliki Onana memang bagus meski gawangnya sering kebobolan. Onana merupakan pemimpin di daftar clean sheet dengan lima kali bersama bersama Sam Johnstone dan Nick Pope.

Mantan kiper Ajax ini juga berada di belakang Thomas Kaminski dari Luton Town dalam hal pencegahan gol di Liga Premier musim ini. Kemudian Onana juga berada di urutan kedua dalam hal penyelamatan dan persentase penyelamatan.

6 dari 6 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.