Sukses

Marc Marquez Langsung Nyetel dengan Ducati di tes MotoGP Valencia, Bagaimana Reaksi Repsol Honda?

Repsol Honda harus rela melihat Marc Marquez kencang lagi tapi tidak dengan mereka. Pembalap asal Spanyol itu menemukan senyuman kembali bersama Gresini Ducati.

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez menjadi sorotan pecinta balap saat mengikuti tes MotoGP Valencia dengan Gresini Ducati di sirkuit Ricardo Tormo, Selasa (28/11/2023). Marquez berhasil meraih posisi 4 selama 3 sesi tes.

Marquez hanya kalah dari Maverick Vinales, Brad Binder dan Marco Bezzecchi di tes yang berlangsung sehari itu. Pembalap asal Spanyol itu selalu menunjukkan senyum di wajahnya.

Apakah ini membuat Repsol Honda iri? Manajer Repsol Honda Alberto Puig mengatakan, seharusnya tak perlu ada orang yang kaget dengan torehan Marquez. Begitu pun dengan dia yang tidak kaget saat Marquez sempat memuncaki waktu lap sebelum dikalahkan pembalap lain.

Marquez memang mengincar kemenangan lagi saat memutuskan pindah ke Gresini Ducati. Dia sudah tak menang selama dua musim beruntun dengan Repsol Honda dan berniat untuk memperbaiki.

"Saya tak terkejut sama sekali, itu jujur," ujar Puig seperti dikutip crash.

"Apa yang orang inginkan? Buat kami sudah jelas, kami tahu pembalap itu bagaimana dan kami melihat potensi dari motor lain. Tak kaget sama sekali," dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Luca Marini dengan Repsol Honda

Di sisi lain, Luca Marini baru pindah dari Ducati dan menggunakan motor Honda untuk pertama kali di tes MotoGP Valencia. Marini tak mengecewakan di debutnya karena meraih posisi ke-10 atau terpaut 0,7 detik dari Maverick Vinales.

Pada tes itu, Marini tak menggunakan motor lama RC21V 2023. Dia hanya menggunakan motor Repsol Honda lansiran terbaru 2024.

 

3 dari 4 halaman

Pengakuan Bos Honda soal Mengapa Pilih Luca Marini

 

Alberto Puig juga menceritakan proses kepindahan Luca Marini ke Repsol Honda. Di saat pembalap lain berbondong-bondong ingin ke Ducati, Marini malah ingin mengambil tantangan jadi pengganti Marquez di Honda.

"Marini mengontak kami dan kami senang karena dia menunjukkan minat yang besar untuk membalap dengan kami. Kami senang dia di sini dan yakin bisa memberi banyak informasi," kata Puig.

"Tentu, motornya berbeda buat dia, tapi dia sudah memberi kami informasi bagus dan dia cukup tajam di komentarnya. Kami senang dengan torehan dia di tes."

 

4 dari 4 halaman

Joan Mir Sambut Motor Baru

 

Repsol Honda juga menurunkan Joan Mir di tes MotoGP Valencia. Mir bisa kembali ke trek setelah mengalami cedera di leher di MotoGP Valencia lalu.

"Mir mengaku senang dengan kemajuan yang kami capai. Memang ada beberapa hal yang belum pas, tapi Anda lihat dia membuat kemajuan dan motor baru terasa beda," kata Puig.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.