Sukses

Jonatan Christie Fokus ke BWF World Tour Finals 2023 Setelah Raih 3 Gelar

Tunggal putra INdonesia Jonatan Christie mulai fokus menghadapi BWF World Tour Finals 2023 yang akan berlangsung di Hangzhou, China, 13-17 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Jonatan Christie telah memenangkan tiga gelar juara sepanjang 2023. Tunggal putra Indonesia itu juara Indonesia Masters, Hong Kong Open, dan French Open.

Meski begitu, pebulu tangkis berusia 26 tahun tersebut tidak ingin berpuas diri. Sebab, masih ada BWF World Tour Finals 2023 yang akan berlangsung di Hangzhou, China, 13-17 Desember.

"Meraih tiga gelar tahun ini, mungkin sebelumnya satu atau dua gelar saja. Ini untuk saya pribadi, saya senang, tetapi juga tidak merasa puas karena ke depan masih ada lagi (turnamen) dan yang paling dekat adalah World Tour Finals," kata Jonatan kepada awak media di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Atlet bulu tangkis yang akrab disapa Jojo itu bertekad mempertahankan gelar juara pada 2024. Dengan begitu, akan membantunya dalam mengumpulkan poin sebanyak mungkin agar bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

"Tahun ini awal tahun juara juga, jadi mau mempertahankan gelar (di tahun depan) dan yang tak kalah penting kan poinnya akan masuk ke Olimpiade. Ada dua target. Satu, adalah mempertahankan gelar, dan kedua mau maksimal dari poinnya itu untuk Olimpiade," ucap Jonatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persaingan Merata

Jonatan Christie mengatakan persaingan di sektor tunggal putra dunia sekarang sudah semakin merata. Sehingga setiap pemain memiliki peluang sama untuk merebut kemenangan di setiap turnamen.

"Sekarang sudah rata, dari tunggal putra semua bisa menang dan kalah. Setiap kesempatan, setiap hari, punya peluang masing-masing. Sehingga penting untuk prepare satu per satu pertandingan," ujarnya.

Menurut Jonatan, rangkaian turnamen yang padat pada tahun ini dan tahun depan cukup menguras tenaga serta pikirannya. Namun, ia yakin dengan persiapan matang akan membantunya untuk tampil maksimal di setiap kejuaraan yang ia ikuti.

"Ini sedang banyak event-nya, jadi menguras tenaga juga pikiran dan otot-otot yang dipakai bisa bermasalah juga. Saya rasa banyak hal yang membuat kemungkinan-kemungkinan bisa terjadi. Jadi balik lagi ke persiapan di satu event yang paling penting," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Enam Wakil

Enam wakil Indonesia akan berlaga pada BWF World Tour Finals 2023 yang akan berlangsung di China, 13-17 Desember. Di tunggal putra, selain Jonatan Christie, ada Anthony Sinisuka Ginting.

Sementara ganda putri diwakili Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Gregoria Mariska Tunjung di sektor tunggal putri.

Ganda putra memiliki dua wakil, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.