Sukses

Gagal ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023, Menpora Dito Ariotedjo Tetap Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Dito Ariotedjo, menganggap bahwa tim Garuda Muda telah menunjukkan kemajuan positif.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 setelah menempati posisi ketiga dalam klasemen Grup A dengan total enam poin. Walau begitu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Dito Ariotedjo, menganggap bahwa tim Garuda Muda telah menunjukkan kemajuan positif.  

“Saya rasa kalau untuk sepak bola, kita tidak bisa melihat dari target pendek sekarang. Tapi yang harus kita optimis adalah bagaimana saat ini, baik dari PSSI, pemerintah, dan pengelolaan timnas saat ini progresif," ucapnya dilansir dari Antara.

Ia mengungkapkan bahwa Indonesia telah sukses dalam merekrut dan membantu perkembangan pemain muda selama berlangsungnya turnamen.

"Banyak sekali langkah-langkah seperti scouting diaspora, (merekrut) direktur teknik dari Jerman, dan bagaimana atlet-atlet muda dan senior kita ini dikirim ke internasional dan melihat bagaimana perkembangannya,” tuturnya.

Diketahui tim yang ditangani oleh Bima Sakti itu hanya bisa menyelesaikan babak penyisihan Grup A pada peringkat ketiga, meraih dua pertandingan imbang dan mengalami satu kekalahan.

Skuad yang diperkuat oleh Arkhan Kaka dan rekan-rekannya mencapai hasil imbang 1-1 dalam pertandingan melawan Timnas U-17 Ekuador dan Timnas U-17 Panama.  

“Sudah bisa seri (saat laga melawan Ekuador dan Panama) sudah bagus, sih,” ujarnya.

Diketahui tim Garuda Muda telah berhasil mencetak tiga gol dan sudah kebobolan lima gol sepanjang pergelaran turnamen ini.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Membutuhkan Waktu

Selanjutnya, dia menyatakan bahwa peningkatan kualitas dan keterampilan para pemain tidak dapat dicapai secara cepat dan membutuhkan waktu.  

“Ini kan belum sampai dua tahun, ya. Kita harus lihat trennya. Marilah kita berikan kesempatan, waktu, kita lihat hasilnya setelah (target) menengah,” kata Dito.

3 dari 3 halaman

Harap Indonesia Bisa Semakin Bagus

Adapun pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas senior Indonesia kembali meraih hasil imbang 1-1 melawan Filipina pada hari Selasa (21/11). Menpora menyatakan bahwa Indonesia masih memiliki kesempatan untuk tampil lebih kokoh dalam pertandingan-pertandingan berikutnya.

“Masih ada harapan, dan ini pertandingannya belum selesai. Dan saya rasa PSSI sudah melakukan evaluasi, jadi kita lihat saja seperti apa nanti pertandingan selanjutnya,” ucap Dito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.