Sukses

Jelang 16 Besar Piala Dunia U-17 2023, Pelatih Senegal Sebut Prancis Dapat Keuntungan Main di JIS

Pelatih Timnas Senegal U-17 Serigne Dia menilai Prancis bakal mendapat sedikit keuntungan saat kedua tim bertemu pada laga 16 besar Piala Dunia U-17 2023, Rabu (22/11/2023). Sebab, laga ini akan dimainkan di Jakarta International Stadium (JIS) yang merupakan kandang Les Bleus saat fase penyisihan grup.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Senegal U-17 Serigne Dia menilai Prancis bakal mendapat sedikit keuntungan menjelang pertemuan kedua tim pada laga 16 besar Piala Dunia U-17 2023, Rabu (22/11/2023) pukul 19:00 WIB.

Hal ini lantaran duel antara kedua kesebelasan diagendakan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS). Stadion ini sudah menjadi kandang Les Bleus muda sepanjang melakoni fase penyisihan grup.

Sebagaimana diketahui, Prancis yang tergabung dalam Grup E Piala Dunia U-17 2023 memang kebagian bermarkas di stadion yang berlokasi di kawasan Jakarta Utara.

Anak-anak asuh Jean-Luc Vannuchi tercatat sudah 3 kali menjajal rumput Jakarta International Stadium, yakni saat menghadapi Burkina Faso, Korea Selatan, hingga Amerika Serikat di laga pemungkas.

Timnas Prancis U-17 mencetak total 7 gol tanpa sekali pun kebobolan selama melakoni persaingan fase grup di JIS. Pasukan muda Les Bleus bahkan melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup usai menyapu bersih kemenangan atas tiga rivalnya.

Di sisi lain, Senegal yang finis di urutan dua klasemen grup D hanya sempat merasakan atmosfer Stadion Si Jalak Harupat Bandung, sepanjang menjalani penyisihan. Anak-anak asuh Serigne Dia baru bertolak ke ibu kota usai mengamankan tiket ke babak 16 besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanding di JIS Untungkan Prancis

Pelatih Timnas Senegal U-17 Serigne Dia pun tak menampik lokasi pertandingan perdana mereka di fase knock-out bisa memberi keuntungan buat Prancis yang sudah cukup terbiasa dengan atmosfer Jakarta International Stadium (JIS)

Kendati demikian, pelatih berusia 53 tahun ogah memusingkan situasi itu lantaran menilai timnya harus mampu cepat beradaptasi dengan situasi apa pun jika ingin melaju ke final Piala Dunia U-17 2023.

"Mungkin itu (pertandingan yang digelar di JIS) keuntungan bagi Prancis. Akan tetapi, ketika kita ingin ke final, kita harus memberikan segalanya," ujar Serigne Dia kala ditemui awak media di sela-sela latihan Timnas Senegal U-17 pada Selasa (21/11/2023) malam WIB.

"Kami tidak peduli mau hujan atau panas, kami hanya perlu fokus ke pertandingan dan bertarung. Para pemain kami bisa beradaptasi," tandasnya di Stadion Madya, GBK, Senayan.

3 dari 3 halaman

Sudah Siapkan Strategi Lawan Prancis

Lebih lanjut, Serigne Dia juga mengklaim pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi Prancis di babak 16 besar. Meski ogah membeberkan rencananya, ia meyakini Timnas Senegal U-17 bakal mampu menyuguhkan laga menarik kala bersua dengan skuad muda Les Bleus.

"Kami punya strategi, tapi itu buat kami, kami tidak bisa mengatakannya di sini," ujar Serigne Dia kepada awak media.

"Akan tetapi, kami punya pemain yang juga memiliki kecepatan dan kemampuan seperti Prancis. Saya pikir besok akan menjadi laga yang menarik," tandas juru taktik berusia 53 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.