Sukses

Franco Morbidelli Geram Sudah Digetok Aleix Espargaro di MotoGP Qatar, Tambah Sewot Karena Start di Row yang Sama

Franco Morbidelli masih kesal dengan ulah Aleix Espargaro yang menggetok atau memukul helmnya di saat FP2 MotoGP Qatar pada Sabtu (18/11/2023) kemarin.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli terlibat insiden mengejutkan saat melakoni latihan bebas kedua atau FP2 MotoGP Qatar di sirkuit Losail, Doha, Sabtu (18/11/2023). Dia membuat marah pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro saat sesi latihan Sabtu itu.

Di suatu sesi, Morbidelli tampak menyerempet ke arah motor Aleix Espargaro yang sedang gaspol. Ini membuat Aleix kesal dan mengabaikan permintaan maaf Morbidelli.

Bahkan saat Franco Morbidelli mencoba mendekatinya lagi. Aleix Espargaro malah menggetok atau memukul helm pembalap Yamaha itu dan berlanjut melaju teruskan sesi latihan.

Akibat insiden ini, pembalap Aprilia Racing itu harus menerima sanksi berat. Dia didenda 10 ribu dollar dan turun enam grid di MotoGP Qatar.

Morbidelli sejatinya masih kesal dengan insiden "pemukulan" di helmnya itu saat FP2 MotoGP Qatar. Dia merasa sanksi yang diberikan kepada Espargaro belum cukup.

"Kami semua langsung berpikir sepertinya dia sedang punya masalah. Anda sering lihat aksi overacting dia di kariernya," kata Morbidelli seperti dikutip GPOne.

"Dia masih punya episode lainnya, itu harusnya membuat dia malu, bukan malah bangga!"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sikap Aleix Espargaro Tidak Pantas

 

Menurut Morbidelli, sikap yang diperlihatkan Aleix Espargaro tidak pantas. Apalagi itu ditunjukkan kepada rival di lintasan.

"Saya tak bisa bilang apa-apa soal dia. Dia biasanya memang suka bereaksi berlebihan dan tak pantas," kata pembalap asal Italia itu.

"Itu sikap buruk untuk tim yang bekerja sama dengan Anda dan juga membalap melawan Anda. Itu hal buruk karena seluruh dunia melihatnya."

 

3 dari 5 halaman

Franco Morbidelli Merasa Tidak Dihargai

 

Morbidelli, yang akan gabung Pramac Ducati musim depan mengaku tak tahu apakah Espargaro akan minta maaf. Namun dia merasa tidak dihargai.

"Bagaimana kalau dia minta maaf? Tidak. Saya pikir dia tak punya hal untuk dibicarakan dengan saya, kecuali alasan yang tak penting. Bukan untuk saya, tapi hanya melakukan pembenaran untuk gestur dia," katanya.

"Ini sebuah tindakan yang tidak sopan kepada saya. Kita seharusnya bersaing dengan yang lain, tapi menghormati aturan. Alasan apa yang akan dikatakannya usai memukul kepala orang gara-gara melambat setelah ada bendera kuning (tanda melambat dari steward)."

 

4 dari 5 halaman

Start di Posisi yang Berdekatan

 

Espargaro menyelesaikan kualifikasi MotoGP Qatar di posisi 10. Namun karena adanya hukuman dari steward, dia akan turun ke grip 16 yang berdampingan dengan Morbidelli.

"Saya merasa Steward sedang bercanda dengan saya. Soalnya dia akan berada di samping saya," kata Morbidelli.

 "Itu sama saja main-main dengan kami. Sedangkan kami tidak main-main. Itu bukan hal bijaksana untuk dilakukan."

5 dari 5 halaman

Kronologi Aksi Pemukulan Espargaro kepada Morbidelli

Morbidelli pun menggambarkan kronologi yang menyebabkan insiden "penggetokan" kepada dirinya oleh Espargaro. Dia mengatakan semua itu terjadi karena ada bendera kuning dikibarkan.

"Kami sedang lakukan lap, Marquez crash di tikungan 2 dan bendera kuning dikibarkan. Martin di depan saya melambat, saya pun melambat," katanya.

"Saat masuk tikungan empat, Aleix ingin menyalip saya. Saya ingin merebut posisi saya dan salip dia di tikungan 5. Di tikungan 6, dia pukul helm saya yang nyaris membuat dia dan saya jatuh."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.