Sukses

Alasan JPO Megah di JIS Belum Dipakai di Piala Dunia U-17 2023 Meski Sudah Rampung

JPO dari Ancol ke JIS sebenarnya sudah selesai dibangun. Namun hingga dua matchday awal Piala Dunia U-17 2023 masih belum bisa dipakai.

Liputan6.com, Jakarta- Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang menghubungkan Jakarta International Stadium (JIS) dengan Ancol sudah selesai dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyukseskan Piala Dunia U-17 2023. Sayangnya JPO tersebut masih belum dibuka hingga matchday kedua Piala Dunia U-17 2023.

JPO ini dibangun PUPR dalam rangka mempermudah akses penonton saat menyaksikan pertandingan sepak bola di JIS. Pasalnya selama ini akses ke JIS cuma ada satu yakni di ramp barat. Dengan JPO ini, maka penonton memiliki pilihan datang ke JIS langsung dari Taman Impian Jaya Ancol.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan, JPO tersebut dibangun di Jalan Ketel, Ancol, Pademangan, dekat gerbang Karnaval Taman Impian Jaya Ancol, hingga menembus langsung sisi Plaza Utara JIS.

"Sebagai bagian dari kelengkapan prasarana dan sarana stadion JIS sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17, jembatan penyeberangan orang (JPO) dibangun khusus untuk menghubungkan stadion JIS ke Kawasan Ancol sehingga akses penonton/pengunjung menuju stadion, menjadi lebih mudah dan nyaman," kata Endra S. Atmawidjaja, yang juga merupakan Juru Bicara Kementerian PUPR, dalam keterangan tertulis di situs resmi PUPR.

JPO tersebut dibangun dengan trase sepanjang 453 m dan lebar jalur pedestrian 6 m. Konstruksi JPO akses stadion JIS dirancang menggunakan struktur atas dengan konstruksi baja, pelat lantai pracetak serta pondasi dengan kombinasi tiang pancang beton dan baja.

"JPO ini menghubungkan JIS dengan Lapangan Parkir di Ancol, dari sisi utara stadion dan melintasi beberapa rintangan antara lain; jalur double track KRL, Jl. R.E. Martadinata, Kali Ancol, Tol Harbour Road, serta rencana Tol Harbour Road II," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta - Jawa Barat, Brawijaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Bisa Dilewati

Namun setelah empat hari JIS menggelar Piala Dunia U-17 2023, JPO megah ini masih belum bisa dipakai oleh penonton. Dari pantauan Liputan6.com saat laga Prancis melawan Korea Selatan 15 November lalu, JPO masih ditutup dengan pagar dan dijaga petugas sehingga penonton tak bisa melintasinya.

Rupanya FIFA belum memberikan izin pemakaian JPO ini. "Jembatan ini sebenarnya sudah siap dipakai tapi dari FIFA belum boleh dipakai jadi masih ditutup," ucap petugas keamanan yang menjaga JPO tersebut.

Padahal jika JPO ini sudah dipakai penonton Piala Dunia U-17 2023 bisa disajikan pemandangan JIS yang indah, apalagi di malam hari dimana lampu warna-warni menghiasi sekeliling stadion.

3 dari 3 halaman

Cuma Buka Tribun Bawah

Dengan belum dibukanya JPO JIS-Ancol ini maka akses penonton masih melalui satu area yakni ramp barat. Untungnya selama Piala Dunia U-17 2023, JIS tidak membuka seluruh tribun penonton.

Hanya setengah kapasitasnya yang dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023. Jumlah penonton Piala Dunia U-17 di JIS juga tidak sebanyak di Gelora Bung Tomo karena timnas Indonesia tidak bermain disana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini