Sukses

Presiden Jokowi Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia Menahan Imbang Ekuador di Piala Dunia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 berhasil menahan imbang Ekuador dengan skor 1-1 pada laga Grup A Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di Piala Dunia U-17 2023 dengan hasil imbang. Tim asuhan Bima Sakti itu sukses menahan raksasa Amerika Latin Ekuador dengan skor 1-1 pada laga pembuka grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023).

Timnas Indonesia U-17 bahkan sempat memimpin lewat Arkhan Kaka pada menit ke-22. Ini jadi gol pertama Indonesia di babak utama turnamen resmi FIFA. Sayang keunggulan tidak bertahan lama.

Selang enam menit, gawang Indonesia kebobolan. Tandukan Allen Obando pada menit ke-28 mengubah kedudukan jadi 1-1.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengapresiasi kerja keras para pemain Indonesia yang mampu mengejutkan di laga pembuka Piala Dunia.

"Dengan hasil ini kita sudah mendapat satu poin. Itu harus diapresiasi karena peringkat Indonesia dan Ekuador terpaut jatuh. Yang satu 38 yang satu 145," ujar Presiden Jokowi dalam rilis yang diterima Liputan6.com sesuai laga, Jumat (10/11/2023).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga mengapresiasi perjuangan Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Menurut Erick semangat hari pahlawan yang tepat jatuh hari ini di kota pahlawan menjadi inspirasi untuk me cetak sejarah.

"Alhamdulillah tepat di hari pahlawan dan stadion yang memakai nama Bung Tomo, anak-anak menunjukkan semangat tak mau kalah. Hari bersejarah ini Alhamdulillah kita meraih hasil yang bersejarah bagi sepak bola Indonesia yang merebut poin pertamanya di piala dunia," ujar Erick sesuai pertandingan, Jumat (10/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Suporter Timnas Indonesia U-17 Luar Biasa

Erick pun menilai dukungan suporter timnas, termasuk Presiden Jokowi yang hadir langsung mampu membakar semangat pemain timnas U-17. Menurut Erick hal ini merupakan kebanggaan karena timnas mampu tampil baik di laga yang disorot dan disaksikan tokoh sepak bola dunia.

"Terima kasih atas dukungan para suporter termasuk presiden Jokowi yang telah menjadi pemain ke-12 bagi timnas. Hari ini kita buktikan kepada dunia Indonesia bisa! Sekali lagi terima kasih," ujar Erick.

Dengan hasil ini, Indonesia dan Ekuador sama-sama berbagi satu poin. Selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Panama di lokasi yang sama, 13 November 2023. Sedangkan Ekuador akan menjajal timnas Maroko di hari dan tempat yang sama.

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Piala Dunia U-17, Jumat (10/11/2023)

Grup A:

Panama vs Maroko : 0-2

Indonesia vs Ekuador: 1-1

Grup B

Mali vs Uzbekistan: 3-0

Spanyol vs Kanada: 2-0

Untuk jadwal lengkap Piala Dunia U-17 2023 bisa Anda dapatkan di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.