Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Pantau Sesi Latihan, Waketum PSSI Semringah Lihat Progres Timnas Indonesia U-17

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali semringah melihat progres persiapan Timnas Indonesia U-17 jelang menyambut Piala Dunia U-17 2023 mulai 10 November mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali semringah melihat progres persiapan Timnas Indonesia U-17 jelang menyambut Piala Dunia U-17 2023 mulai 10 November mendatang.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Menpora itu menyempatkan diri memantau langsung sesi latihan Garuda Asia yang dihelat di Komplek Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (7/11/2023) malam WIB.

Hasilnya, Zainudin Amali gembira menyaksikan Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan yang dinilai sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk memanaskan persaingan sebagai tuan rumah.

Ia juga optimistis dengan keberadaan sejumlah pemain jebolan kampiun Piala AFF U-16 2022 lantaran menjadi modal bagus bagi Timnas Indonesia U-17 di ajang kali ini.

“Saya kira kami mempersiapkan dengan baik tim ini karena kami sebagai tuan rumah. Sebagaimana teman-teman ketahui bahwa (Timnas Indonesia U-17) ini diawali dengan tim yang menjadi juara AFF U-16, itu modal utamanya,” kata Zainudin dalam rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

“PSSI melakukan pemantauan talenta dan rekrutmen di 12 kota dan itu yang melengkapi apa yang sudah ada. Kemudian kami ada uji tanding, latihan di Bali, Jakarta, dan terakhir ke Jerman, beberapa minggu di sana,” imbuh pria yang pernah menjabat Menpora itu.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kombinasi Skuad AFF U-16 dan Diaspora

Tak dapat dimungkiri, daftar pemain final Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 memang cukup banyak dihuni oleh skuad juara Piala AFF U-16 2022. Sejumlah nama, mulai dari kapten Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Nabil Asyura, Kafiatur Rizky, hingga Ji Da-bin sudah pernah bekerja sama dengan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16.

Kekompakan serta kemampuan mereka sebagai tim pun telah teruji lewat kemenangan di turnamen level Asia Tenggara. Kini, mereka tinggal memantapkan persiapan sembari menyatukan diri dengan kehadiran pemain diaspora Amar Brkic dan Welber Jardim yang menjadi amunisi tambahan Timnas Indonesia U-17 di FIFA U-17 World Cup.

“Syukur ada perkembangan yang baik, jadi dari skuad di Piala AFF U-16 ditambah rekrutmen dari 12 kota, ada juga diaspora kami dapatkan, tentu sesuai dengan kualifikasi yang sudah ditetapkan oleh pelatih kepala. Standar mengikuti itu,” ujar Zainudin soal kualitas Timnas Indonesia U-17.

“Mudah-mudahan, sekarang ini anak-anak dalam kondisi baik. Saya sempat khawatir saat kembali dari Jerman penyesuaian cuaca, disana sampai minus enam-lima, kemudian datang ke Jakarta di atas 30."

“Tapi Alhamdulillah daya tahan anak-anak bagus, dan motivasi mereka sangat bagus karena ini kesempatan buat mereka untuk menunjukkan kemampuan dan inilah pertama kali timnas Indonesia masuk (putaran) final Piala Dunia,” tambah dia.

3 dari 3 halaman

Bima Sakti Ogah Bebani Pemain

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-17 yang menjadi bagian dari grup A Piala Dunia U-17 2023 bakal bersaing dengan tiga negara lain, yakni Ekuador, Panama, dan Maroko demi memperebutkan tiket ke babak selanjutnya.

Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan harus mampu mengamankan predikat juara grup, runner-up grup, atau setidaknya masuk dalam jajaran peringkat tiga terbaik jika ingin memastikan slot di fase knock-out.

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti sendiri ogah memasang beban berat pada anak-anak asuhnya. Ia cukup yakin skuad Garuda Asia sudah sadar akan tugas dan tanggung jawab masing-masing saat tampil di kompetisi sepak bola muda bergengsi dnia.

"Saya tidak mau terlalu membebani pemain. Yang pasti mereka juga sadar ini kesempatan yang langka," ujar Bima Sakti saat latihan di Lapangan A, komplek Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (7/11) malam, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Mereka sudah tahu tugas dan tanggung jawab. Selalu fokus dalam setiap pertandingan dan siap memberikan yang terbaik," tambah pelatih yang mengantar Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.