Sukses

Jawa Barat Juara Umum Babak Kualifikasi PON 2024 Taekwondo

Jawa Barat meraih medali terbanyak pada Babak Kualifikasi PON 2024 cabor Taekwondo.

Liputan6.com, Jakarta- Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Indonesia (BK PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara cabang olahraga taekwondo telah sukses digelar dari 27 Oktober sampai 30 Oktober 2023. Kontingen Jawa Barat berhasil keluar sebagai juara umum pada ajang yang berlangsung di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur.

Jabar berhasil meraup 17 medali dengan rincian 10 emas, enam perak dan satu perunggu. Jawa Tengah menyusul di posisi kedua setelah mendapattujuh emaas, dua perak dan lima perunggu. Peringkat tiga sendiri dipegang DKI Jakarta dengan dua emas, empat perak dan enam perunggu.

BK PON taekwondo ini diikuti 508 atlet dari 34 Provinsi dengan rincian 182 atlet kyourgi putra, 161 atlet kyourgi putri, 86 atlet poomsae putra dan 79 atlet poomsae putri. Event ini juga didukung 249 official dan 49 wasit.

Ketua umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) Richard Tampubolon senang dengan keberhasilan BK PON 2024 ini. Pasalnya ajang ini juga untuk mencari bibit-bibit untuk atlet nasional mengingat taekwondo Indonesia memiliki road map untuk Olimpiade 2028.

"Terimakasih, ini pertandingan diikuti oleh 805 atlet dan ofisial. Kemudian juga diikuti kelas kyorugi dan poomsae kemudian diikuti 35 provinsi," ujar Richard saat penutupan BK PON 2024 taekwondo pada Senin (30/10/2023) sore WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bibit Unggul di Taekwondo

"Setelah beberapa hari kami lihat, memang yang pertama kami mencari bibit-bibit yang kedepan kami akan buat Pelatnas 2, ini semua sesuai dengan harapan Kemenpora, KONI, KOI. Pelatnas senior, pelatnas junior langsung berjalan juga," lanjut Richard.

"Ini semua akan dikaji oleh tim talent scouting kami dan mohon doanya agar kami dapatkan atlet-atlet yang memang bertalenta, yang akan kami latih dalam TC sepanjang tahun, dalam road map menuju Olimpiade 2028, yang mana sasaran antaranya ada Asian Games dan SEA Games. Kami PBTI berkomitmen untuk terus berjuang demu prestasi Taekwondo di dunia internasional."

3 dari 3 halaman

Perbaiki Fisik Atlet

Pada ajang Kualifikasi PON 2024 ini, pria yang juga menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III juga meminta para atlet tak cepat berpuas diri. Dia meminta para atlet untuk memiliki fisik yang kuat sehingga bisa bertarung sampai akhir dengan prima.

"Kemudian yang kami lihat adalah masalah fisik. Apalagi kalau dia (atlet) agresif, harus didukung oleh fisik yang baik. Yang berikutnya adalah variasi, pada saat mereka menyerang dan bagaimana ketika mereka melakukan serangan balik," imbuh Richard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.