Sukses

Andre Onana Sudah Jadi Pahlawan, Isu David de Gea Balik ke Manchester United Malah Makin Kencang

Isu kembalinya penjaga gawang asal Spanyol David de Gea ke Manchester United berembus kencang. Padahal, kiper utama Setan Merah Andre Onana baru saja menampilkan aksi heroik dengan menggagalkan penalti menit-menit akhir dalam duel Liga Champions kontra Copenhagen, Rabu (25/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Isu kembalinya penjaga gawang asal Spanyol David de Gea ke Manchester United berembus makin kencang. Padahal, kiper utama Setan Merah Andre Onana baru saja menampilkan aksi heroik dengan menggagalkan penalti menit-menit akhir dalam duel Liga Champions kontra Copenhagen, Rabu (25/10/2023). 

Sebagaimana diketahui, Onana memang baru saja direkrut sebagai pengganti De Gea di Old Trafford pada bursa transfer musim panas 2023. Ia ditebus dari Inter Milan melalui kesepakatan seharga kurang lebih 47 juta poundsterling. 

Sayangnya, kiper asal Kamerun gagal menunjukkan performa menjanjikan sejak kedatangannya ke Manchester United. Onana malah sering berbuat blunder yang menyebabkan jebolnya gawang MU 20 kali hanya dalam 12 pertandingan sebelum menjamu Copenhagen.

Barulah di kompetisi sepak bola elite Eropa, Andre Onana tampil sebagai pahlawan. Tak hanya menjaga cleansheet, kiper asal Kamerun juga berhasil menggagalkan kesempatan emas Copenhagen untuk mencetak gol lewat eksekusi penalti Jordan Larsson jelang akhir pertandingan.

Kinerja tersebut pun sontak membuat Onana banjir pujian. Manajer Setan Merah Erik ten Hag jadi salah satu pihak yang menyanjung determinasinya meski sempat kesulitan menampilkan performa terbaik di Old Trafford.

"(Onana) menunjukkan kepribadian (bagus). Dia sadar bahwa sebelumnya, kemampuannya belum sesuai dengan level yang dia miliki," ujar Erik ten Hag selepas kemenangan MU atas Copenhagen di Liga Champions, seperti dilansir dari Reuters. 

"Dia gagal menyamai kapabilitasnya dan harusnya dia bisa melakukan (tugasnya) dengan lebih baik. Saya pikir (penampilannya) pada Sabtu (melawan Shefield) adalah performa yang sangat bagus, begitu juga dengan hari ini," tambah juru taktik asal Belanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MU Diam-Diam Ingin Pulangkan David de Gea

Kendati sudah menjadi pahlawan MU di Liga Champions, Setan Merah diam-diam masih melirik penjaga gawang lamanya. Laporan Metro menyebut Manchester United membawa pulang David de Gea hanya beberapa bulan sejak kiper legendaris MU meninggalkan Old Trafford.

Sekadar informasi, De Gea sebelumnya angkat kaki dari Manchester United sebagai agen bebas. Ia nyaris dipertahankan oleh Setan Merah, sebelum MU membuat manuver berbeda dengan mengurangi tawaran gajinya secara drastis, lalu mengontrak Onana sebagai pengganti.

Sejumlah pihak mengkritisi sikap Manchester United yang dinilai kurang rispek terhadap penjaga gawang legendarisnya. Para fans pun mulai terang-terangan merindukan De Gea menyusul start mengecewakan yang diperlihatkan Andre Onana.

3 dari 4 halaman

Penyebab MU Ingin Pulangkan David de Gea

Manchester United sendiri punya alasan kuat mengapa mereka ingin memulangkan David de Gea ke Old Trafford. Selain karena faktor penampilan, The Sun mengeklaim Setan Merah juga terguncang dengan keputusan Andre Onana untuk kembali ke panggung internasional.

Sebagai informasi, kiper berusia 27 tahun sejatinya telah meninggalkan Timnas Kamerun lantaran berselisih dengan pelatih kepala Rigobert Song saat Piala Dunia 2022.

Ia memutuskan pulang lebih awal dari turnamen di Qatar, tetapi mendadak mengakhiri masa pengasingannya bulan lalu untuk membantu Timnas Kamerun lolos ke Piala Afrika.

Kabar menyebut Onana sebenarnya belum mengambil keputusan soal keikutsertaannya dalam kompetisi bersama timnas. Akan tetapi, MU sudah terlanjur khawatir bakal kehilangan kiper nomor satunya apabila penggawa Kamerun  membela negaranya.

Alhasil Manchester United kini berencana memberi tawaran mengejutkan untuk David de Gea. Laporan Metro menyebut kiper asal Spanyol kemungkinan diberi kontrak jangka pendek yang membuatnya kembali mengenakan seragam Setan Merah sampai akhir musim.

4 dari 4 halaman

Erik ten Hag Butuh David de Gea

Adapun Erik ten Hag saat ini sejatinya masih memiliki sejumlah rekrutan musim panas yang bisa menempati pos penjaga gawang, yakni Altay Bayindir dan miper veteran Tom Heaton. 

Kendati demikian, pelatih asal Belanda diyakini bakal lebih memilih memakai De Gea sebagai penjaga gawang utama dalam serangkaian pertandingan penting, yang mencakup duel melawan pemimpin klasemen Tottenham Hotspur hingga pertandingan tandang ke Wolves dan Aston Villa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.