Sukses

Respons Rendah Hati Andre Onana usai Jadi Pahlawan Manchester United di Liga Champions

Andre Onana memberi respons rendah hati usai dirinya menjadi pahlawan MU dengan menggagalkan penalti menit-menit akhir Copenhagen di pertandingan Liga Champions pada Rabu (25/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Andre Onana sukses menjadi pahlawan Manchester United kala menghadapi Copenhagen di Liga Champions pada Rabu (25/10/2023). Ia menyelamatkan Setan Merah dari ancaman penalti Jordan Larsson di menit-menit akhir, yang mengantar MU menang 1-0 atas tim tamu.

Capaian tersebut membuat Andre Onana sontak dibanjiri pujian, baik dari penggemar maupun pelatih Manchester United. Maklum, eks kiper Inter Milan itu sebelumnya cukup santer menjadi sasaran kritik menyusul penampilannya yang kurang menjanjikan bersama Setan Merah.

Adapun Onana sejatinya baru tiba di Old Trafford pada bursa transfer musim panas 2023. Ia langsung didapuk sebagai kiper nomor satu Manchester United usai pihak klub membiarkan penjaga gawang legendaris David de Gea pergi dengan status bebas transfer.

Sayangnya, alih-alih menjadi tembok pertahanan kokoh buat MU, Onana justru sering melakukan blunder yang merugikan Setan Merah. Terbukti, dengan keberadaannya, Manchester United sudah kebobolan 20 gol dari 12 pertandingan di semua kompetisi sebelum menjamu Copenhagen.

Barulah di ajang sepak bola elite Eropa, Andre Onana mampu menjawab kritikan yang dilayangkan kepadanya. Tak hanya menjaga cleansheet saat MU menjamu Copenhagen, kiper asal Kamerun juga berhasil menggagalkan kesempatan emas tim tamu untuk mencetak gol penyeimbang jelang akhir pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Andre Onana usai Kemenangan MU

Andre Onana yang menuai pujian berkat penyelamatan impresifnya di laga Liga Champions melawan Copenhagen pun langsung buka suara selepas laga.

Alih-alih jemawa, penjaga gawang berusia 27 tahun malah memberi respons rendah hati dan menilai keberhasilannya menggagalkan penalti hanyalah sebatas bentuk menjalankan tugas sebagai penjaga gawang.

"Saya hanya melakukan tugas saya (sebagai penjaga gawang), hal yang terpenting ialah kemenangan melawan tim tangguh," ujar Andre Onana kepada TNT Sports, seperti dilansir dari Metro.

"Saya senang atas kemenangan ini. Kami bermain bagus dan gol luar biasa (tercipta) dari Harry (Maguire)."

"Kami adalah Manchester United. Kami klub besar, dengan para pemain besar. Ini hanya masalah waktu saja, sekarang kami harus terus (bermain) seperti ini. Saya yakin kami akan berhasil," tambah penjaga gawang asal Kamerun.

3 dari 4 halaman

Erik ten Hag Puji Andre Onana

Pelatih Manchester United Erik ten Hag yang sejak awal cukup yakin dengan prospek Andre Onana turut melayangkan pujian bagi kiper berusia 27 tahun. Ia menilai sang pemain menunjukkan sikap apik meski sempat kesulitan menunjukkan performa terbaik.

"(Onana) menunjukkan kepribadian (bagus). Dia sadar bahwa sebelumnya, kemampuannya belum sesuai dengan level yang (sebenarnya) dia miliki," ujar Erik ten Hag, seperti dilansir dari Reuters.

"Dia gagal menyampai kapabilitasnya dan harusnya dia bisa melakukan (tugasnya) dengan lebih baik. Saya pikir (penampilannya) pada Sabtu (melawan Shefield) adalah performa yang sangat bagus, begitu juga dengan hari ini," tambah juru taktik asal Belanda.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Liga Champions 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.