Sukses

Aldi Satya dan Galang Hendra Juara Yamaha Endurance Festival 2023, Strategi Sempat Berantakan

Pasangan pembalap adik kakak Aldi Satya Mahendra dan Galang Hendra berhasil melakukan kerjasama yang baik pada balap ketahanan bertajuk Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festiavl 2023 yang berlangsung di sirkuit Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta Adik kakak Aldi Satya Mahendra dan Galang Hendra berhasil menjadi juara Yamaha Endurance Festival 2023 untuk kelas R25 Pro pada balapan yang berlangsung di sirkuit Mandalika, Minggu (22/10/2023). Aldi Satya dan Galang Hendra yang memperkuat Yamaha BAF Yamalube Akai Jaya ini mencatatkan waktu 2 jam 15,730 detik.

Sedangkan posisi dua di Yamaha Endurance Festival 2023 direbut pembalap Yamaha Yamalube AMS SJRT Wahyu Nugroho/Felix Putra Mulya. Posisi ketiga dihuni dua pembalap Yamaha Yamalube Ziear ARL RBT34, Husni Zainal/Gupitra Kresna.

Yamaha Endurance Festival merupakan balap ketahanan selama minimal 2 jam. Jika kurang dari waktu itu maka pasangan pembalap dianggap gugur.

Galang Hendra mengatakan strategi timnya sempat berantakan saat awal balapan. Ini membuat dia sempat tertinggal waktu dari rival.

"Strategi untuk di race cukup berantakan ya sejak sesi awal. Karena kami dari tim sempat melakukan kesalahan dari pengisian bahan bakar, jadi dengan ketertinggalan gap sekitar 12 detik dan mencoba memperkecil gap dan berhasil. Setelah masuk pit dan gantian dengan adik saya, gapnya makin besar, tapi inilah race," kata Galang Hendra usai balapan.

"Kita sedikit beruntung hari ini karena lawan sudah unggul 30 detik, tapi mereka tidak berhasil menyelesaikan balapan dan motor kita berhasil menyelesaikan 2 jam race."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Galang Hendra Ambisius Menatap Balapan Lain

 

Galang Hendra dan Aldi Satya dihadang jadwal yang cukup padat. Usai Yamaha Endurance Festival, keduanya juga akan mengikuti Mnadalika Racing Series seri 3 pada 28-29 Oktober 2023.

"Kinerja tim saat ini sangatlah prima dan saya ucapkan terimakasih kepada seluruh sponsor Yamaha Racing Indonesia telah mengadakan event ini," kata Galang.

"Dan saya harap next week di Mandalika Racing Series kami dari Yamaha Akai Jaya bisa fight di top 3," dia menambahkan.

 

3 dari 5 halaman

Wahyu Nugroho/Felix Gagal Posisi Pertama Meski Start Terdepan

 

Strategi kacau juga dirasakan oleh pasangan pembalap Wahyu Nugroho dan Felix Putra Mulya. Meski start dari posisi terdepan, toh mereka gagal meraih podium pertama.

"Kami awalnya pede karena start dari posisi pertama, tapi di balapan semua bisa terjadi. Situasi race itu tak selalu berjalan selancar seperti yang direncanakan sebelum race," kata Wahyu.

"Tapi kami tetap bersyukur karena tetap berada di podium. Kami ucapkan terimakasih kepada kru dan tim, semoga kita tambah kuat lagi, mencapai target yang lebih baik."

 

4 dari 5 halaman

Instruksi Tim Kurang Tepat

 

Sedangkan pasangan Husni Zainul dan Gupita Kresna punya masalah lain di Yamaha Endurance Festival. Dia sudah mengikuti instruksi timnya, tapi malah salah.

"Di balapan tadi, kami mengikuti instruksi dari tim. Ada kesalahan di sesi pertama karena terlalu cepat masuk," ujarnya.

"Alhamdulillah dewi fortuna berpihak kepada tim kita."

 

5 dari 5 halaman

Hasil Yamaha Endurance Festival

 

Kelas R25 Pro

1. Aldi Satya Mahendra/Galang Hendra

2. Wahyu Nugroho/Felix Putra

3. Husni Zainul/Gupita Kresna

4. Wahyu Aji/Arai Agaska

5. Eric Saputra/Alexander Wiguna

 

Kelas R25 Community

1. Habil Yusuf/Muhammad Alif

2. Joni Triatno/Brahima Syafrudin

3. Jimmy/ Julid Kevin

4. Jampiter Theo Antonius/Muhammad Adam

5. Dedy Nursawan/I Puti Adi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.