Sukses

Reaksi Peserta Yamaha Endurance Festival 2023 di Sirkuit Mandalika, Bangga Merasakan Sirkuit MotoGP

Yamaha Endurance Festival 2023 digelar di sirkuit Mandalika tepat satu pekan setelah MotoGP Indonesia digelar di tempat yang sama. para pembalap tampak antusias.

Liputan6.com, Jakarta Yamaha Endurance Festival 2023 untuk pertmaa kali digelar di sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat, Sabtu-Minggu (22/10/2023). Banyak peserta yang takjub bisa merasakan langsung sirkuit yang belum dipakai untuk MotoGP Indonesia ini.

Yamaha Endurance Festival diikuti oleh komunitas pembalap yang memiliki motor Yamaha R series dan juga pembalap profesional. Nama-nama seperti Aldy Satya, Mario Aji dan Galang Hendra turut meramaikan sirkuit ini.

Mayoritas pembalap sebenarnya pernah merasakan sirkuit Mandalika saat ikut Yamaha Sunday Race pada Agustus lalu. Namun kini, mereka bisa menjajal sirkuit ini tepat sepekan setelah MotoGP Mandalika digelar.

"Memang kalau jarak lebih dekat ke Sentul, di sini cukup lama sampainya tapi yang kami ambil pengalamannya," kata Rizal, manajer dan koordinator dari YROI Purwokerto Best Comp Syariah kepada media.

"Belajarnya, merasakan sirkuit MotoGP, kebanggaan buat pembalap dan tim."

Dia menilai perbedaan antara sirkuit Sentul dimana Yamaha Endurance Festival biasanya digelar dengan penyelenggaraan di sirkuit Mandalika cukup besar. Itulah yang membuat peserta antusias.

"Ini luar biasa, alhamdulillah, mungkin dengan alasan tertentu Yamaha memindahkan ke Mandalika," ujarnya.

"Secara sirkuit lebih menantang, persaingan lebih ketat, ini pengalaman untuk pembalap Indonesia mencoba sirkuit internasional. Terimakasih Yamaha," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sering Ikut, Tapi Lebih Antusias Membalap di Sirkuit Mandalika

 

Pendapat yang sama dikatakan oleh Murray, owner tim YROI Yuasa Liqui Moly Grow. Dia sudah sering mengikuti Yamaha Endurance Festival, tapi lebih antusias di sirkuit Mandalika.

"Saya udah ikut endurance 5 kali sejak awal ikut terus.Hampir setiap seri endurance selalu menurunkan pembalap," ujarnya.

"Tanggapan saya cukup positif, apresiasi teman teman juga cukup tinggi. Itu dibuktikan dengan turunnya 7 tim dengan 14 pembalap, kami turun di 3 kelas berbeda yaitu R15 Comm, R25 Comm dan R35 Pro," dia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Biaya Disubsidi Yamaha, Tim Jadi Lebih Terbantu

 

Kendala membalap di sirkuit Mandalika hanya terkait dengan transportasi. Untungnya para peserta mendapatkan subsidi dari Yamaha.

"Konsekuensinya seperti itu ya, biaya pasti membengkak, karena untuk towing motor disediakan Yamaha, bis juga dari Yamaha, kita mensubsidi tidak banyak, cukup membantu," kata Rizal.

"Harapan untuk Endurance. Buat kedepannya support kepada tim bisa lebih baik, karena kendala kami ke mandalika biaya transportasi meningkat," Murray menimpali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.