Sukses

Sir Jim Ratcliffe Kritik Kebijakan Transfer Manchester United, Perekrutan Casemiro Patut Dipertanyakan

Sir Jim Ratcliffe, yang menawarkan 25 persen saham kepemilikan United, mempertanyakan kebijakan transfer Manchester United saat berkunjung ke klub pada bulan Maret lalu.

Liputan6.com, Jakarta Calon investor Manchester United, Sir Jim Ratcliffe, menyebut transfer Casemiro musim panas lalu sebagai alasan untuk mengubah kebijakan rekrutmen klub.

Ratcliffe, yang tawarannya untuk membeli 25 persen saham United diperkirakan akan diputuskan dalam rapat dewan pada hari Kamis mendatang, dilaporkan mempertanyakan kebijakan transfer Manchester United selama kunjungannya ke klub pada bulan Maret lalu.

Menurut laporan terbaru Guardian, miliarder petrokimia tersebut yakin United memang sudah menjalankan operasi komersial yang produktif. Namun, investasi untuk skuad harus ditingkatkan.

Ratcliffe mengangkat catatan ini dalam presentasi yang diberikan kepadanya oleh petinggi MU pada 17 Maret 2023 di markas pelatihan klub di Carrington. CEO klub Richard Arnold dan direktur sepak bola John Murtough dilaporkan termasuk di antara mereka yang hadir.

Ratcliffe mengatakan bahwa pemain yang direkrut Manchester United dalam beberapa musim terakhir bukanlah pemain yang paling tepat. Dia menunjuk pada pembelian Casemiro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perekrutan Casemiro Contoh Bisnis MU yang Patut Dipertanyakan

Casemiro yang dibeli senilai 60 juta euro (52 juta pounds) pada bulan Agustus lalu adalah contoh bisnis yang patut dipertanyakan. Pemain berusia 30 tahun itu telah diberi kontrak empat tahun dengan gaji sekitar 350,000 pounds per minggu.

Casemiro menjalani debutnya di MU dengan mencetak gol dalam kemenangan 2-0 di final Piala Carabao atas Newcastle pada bulan Februari. Namun, musim ini performanya mulai tersendat.

3 dari 4 halaman

Pembelian Ratcliffe di Klub Ligue 1 Nice

Namun, di sisi lain, Ratcliffe yang membeli klub Nice, sempat merekrut Aaron Ramsey, Kasper Schmeichel dan Ross Barkley bersama tujuh pemain lainnya pada musim panas yang sama ketika Casemiro bergabung dengan United.

Schmeichel berusia 35 tahun saat itu dan menandatangani kontrak tiga tahun seharga 1 juta pounds dari Leicester.

Sedangkan Ramsey, saat itu berusia 31 tahun, dan Barkley, 28 tahun ketika itu, datang dengan status bebas transfer dan diberi kontrak berdurasi satu tahun. Ketiga pemain tersebut meninggalkan Nice musim panas ini.

4 dari 4 halaman

Ratcliffe Ingin Kendali Mayoritas di Manchester United

Seperti diketahui, Ratcliffe memandang peluang investasi dengan membeli 25% saham Manchester United sebagai langkah untuk memperoleh kendali mayoritas atas klub di masa depan.

Laporan The Independent mengklaim bahwa belum ada kesepakatan yang dicapai. Diperkirakan masih akan ada diskusi panjang antara kedua pihak.

Karena keluarga Glazer bersiap untuk menerima investasi minoritas, ada kekhawatiran bahwa sikap mereka dapat mendorong penawar saingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.